Sukses

Unik, Pohon dengan 40 Buah Berbeda Ini Hebohkan Publik

Citizen6, Amerika Serikat Dalam upaya memperkenalkan buah asli khas Amerika, seorang pematung asal New York memutuskan untuk membuat sebuah pohon yang dapat menghasilkan sekaligus 40 jenis buah berbeda.

Sam Van Aken, sang pencipta pohon unik ini nyatanya telah menanam pohon sejak 2008 silam dengan menggunakan teknik 'Chip grafting'. Dilansir Odditycentral pada Selasa (4/8/2015), dalam proses penanaman, ia memulai dengan mengambil sepotong pohon buah berupa tunas, dan memasukannya ke dalam sayatan yang cocok di pohon inang yang berusia minimal tiga tahun. 

Buah berbeda dalam satu pohon/Odditycentral.com

Sam yang juga seorang profesor seni di Syracuse University ini menganggap proses pencangkokkan ini sebagai karya seni. Namun, ia juga sering mendapatkan cobaan dengan proses pencakokkan yang gagal sehingga pohon-pohon tidak dapat tumbuh seperti yang diinginkannya.

"Ketika saya pertama kali mulai, saya mencangkok cabangnya. Jadi setiap bunga diberikan sedikit waktu yang berbeda. Saya memiliki pohon yang berkembang semua di satu sisi, tetapi tampak mati di sisi lain. Sejak saat itu, saya membuat sebuah rencana ketika semua jenis ini berkembang dalam hubungan satu sama lain. Jadi, pada dasarnya saya bisa memahat bagaimana pohon akan mekar," ucap Sam.

Bunga dengan jenis yang berbeda dalam satu pohon/Odditycentral.com

Pria yang dibesarkan di Pennsylvania ini nyatanya telah menciptakan 21 pohon dengan 40 buah berbeda di seluruh Amerika yang tersebar di beberapa tempat, seperti tujuh pohon di New York dan enam di sebuah kebun kecil di Portland. Tiga pohon ditanam di Lllinois, Michigan dan California, dan beberapa pohon lainnya dibeli untuk rumah-rumah pribadi.

"Penanaman pohon dengan 40 jenis buah ini adalah cara bagi saya untuk melestarikan jenis dan keragaman melalui satu pohon. Saya juga memiliki ide untuk menanam mereka di lokasi yang banyak dilalui banyak orang. Saat orang-orang melihat pohon ini mereka pun akan mempertanyakan mengapa daun memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Kemudian di musim panas, Anda akan melihat semua buah akan tumbuh berbeda. Ini adalah sebuah karya seni," tambahnya. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini