Sukses

Mudik Lewat Pantura, Cobain Lezatnya Kuliner di 6 Kota

Bagi yang pulang kampungnya melewati jalur darat ke wilayah Pulau Jawa, agendakan untuk menikmati wisata kuliner di sepanjang pantura.

Citizen6, Jakarta Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Bagi para urban Jakarta yang pulang kampungnya melewati jalur darat ke wilayah Pulau Jawa, agendakan untuk menikmati wisata kuliner di sepanjang pantai utara jawa.

Setiap daerah di sepanjang pantai utara jawa terkenal memiliki menu makanan yang khas dan layak dicoba. Rute jalur darat konvensional (tidak melalui tol cipali) biasanya melewati Karawang, Cirebon, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Kendal dan Semarang.

Berikut menu makanan khas yang bisa kita nikmati saat melakukan perjalanan ke kampung halaman tercinta.

1.     Soto Gempol dan Soto tangkar Karawang

Daerah penghasil padi ini memiliki makanan yang khas yakni soto gempol. Perbedaan soto gempol dengan soto lain di Indonesia adalah soto ini menggunakan santan murni, tanpa campuran susu. Nama soto gempol diambil dari nama daerah tempat soto tersebut berasal, yakni daerah gempol, Karawang Barat. Konon kuah soto gempol bisa tahan dua hari tidak basi tanpa disimpan di lemari pendingin. Ada beberapa varian menu dalam soto gempol ini yakni: soto ayam, soto daging, soto babat, serta soto usus.

Selain Soto gempol, menu yang layak dicoba adalah soto tangkar. Agak mirip dengan soto gempol, yang membedakan adalah bahan dasarnya. Selain memakai daging sapi, usus, babat, juga memakai tulang muda (sandung lamur) (foto: http://resepmasakankarawang.blogspot.com/)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2

2. Oncom, Kerupuk Miskin dan aneka dodol Subang

Bergeser ke arah timur beberapa kilometer, kita akan sampai di Subang. Kota kabupaten di Jawa Barat ini juga mempunyai makanan yang khas. Di kota ini kita menemukan aneka cemilan yang tidak kita temukan di wilayah lain. Salah satu yang mudah ditemukan di sepanjang jalan raya pantura adalah kerupuk miskin. Kerupuk yang dijajakan dalam bungkus plastik besar yang  transparan ini mempunyai warna-warna yang "ngejreng": merah, kuning dam putih.

Selain kerupuk miskin, ada juga aneka macam dodol. Mulai dari dodol nanas, dodol biasa, ada juga tape ketan,  khas Peuyeum Ciruluk, dan keripik nangka. Ada satu makanan yang mungkin masih asing di telinga banyak orang: oncom dawuan. Oncom ini konon telah populer sampai manca negara. (*foto: https://tehicho.wordpress.com)

3 dari 6 halaman

3

3.  Kupat Blengong, Soto dan teh poci Tegal

Tegal, kota pesisir yang terkenal dengan "warteg"nya ini menyimpan banyak resep masakan dari para leluhur. Beberapa diantaranya adalahg Kupat Blengong. Sesuai namannya kupat artinya ketupat dan blengong adalah sejenis unggas hasil persilangan itik betina dan entok jantan) makanan ini semacam ketupat sayur yang banyak di Jakarta. bedanya. Namun bedanya, kupat blengong disajikan dengan sate yang terpisah.

Makanan khas lainnya adalah soto tegal yang memakai bumbu tauco dan taoge dan tentu saja teh poci. Lainnya adalah nasi pongol, semacam nasi campur khas, tahu aci ( semacam tahu isi) dan  (Foto: ariadenta.wordpress.com)

4 dari 6 halaman

4

4. Nasi Grombyang, Sate Loso Pemalang

Kekhasan kuliner di kota Pemalang, Jawa Tengah ini tampaknya belum begitu dikenal luas oleh masyarakat pecinta kuliner. Nasi Grombyang misalnya. Padahal makanan yang hanya ada di Pemalang ini sangat unik. Nasi grombyang adalah sejenis soto, namun daging yang dipakai adalah daging kerbau. Nasi grombyang disajikan dalam mangkuk kecil dengan kuah yang porsinya banyak.  Biasanya teman nasi grombyang adalah sate yang berasal dari daging kerbau juga.

Menu lain yang populer di Pemalang adalah Sate Loso. Seperti sate lain, hanya saja bahan dasar yang dipakai adalah daging kerbau. Ada bermacam-macam rasa yang disajikan sate loso, diantaranya manis, gurih, pedas, asam. Aroma daging sate loso terasa wangi karena sebelum dibakar, daging kerbaunya di rendam dalam bumbu rempah.

Untuk camilan, ada yang namanya kue kamir. Kononn makanan ini berasal dari Arab.  Bahan kue ini berasal dari  terigu, mentega, pisang ambon, tape dan telur. Kue kamir berbentuk bundar, pipih berwarna coklat, mirip kue apem. (foto: http://letsescape.me/2013/12/03/culinary-hunting-in-central-java-exploring-central-java-part-1/)

5 dari 6 halaman

5

5. Rica-rica Entog Kendal

Kota yang berada di pinggir pantai ini juga mempunyai makanan khas yang tak kalah lezat dibanding kota lain. Salah satu makanan lezat yang tak boleh dilewatkan saat melewati kota ini adalah bandeng presto. Bedanya dengan bandeng presto daerah lain, bandeng presto di Kendal ini tak berbau lumpur.

Yang kedua adalah rica-rica entog. Entog adalah sejenis unggas seperti bebek, namun mempunyai postur lebih gemuk dan lebih pendek. Entog dikenal dengan nama bebek manila atau muscovy duck. Daging entog lebih banyak disukai daripada itik karena tidak berbau dan lebih gurih.

Sedangkan cemilan yang bisa dibawa buat oleh-oleh adalah peyek udang dan sumpil kaliwungu,a bon bandeng dan kerupuk kulit. (foto: http://aryowidiyanto.blogspot.com)

6 dari 6 halaman

6

 6. Nasi Jamblang Cirebon

Selain dikenal sebagai kota batik, Cirebon mempunyai banyak kuliner yang perlu dicoba. Beberapa makanan khas yang hanya bisa ditemukan di kota ini adalah nasi jamblang, nasi lengko, docang, sate kalong, tahu gejrot, empal gentong dan lainnya. Kelezatan kuliner Cirebon ini sudah sangat populer melampaui wilayahya.

Di beberapa wilayah seperti Jakarta sudah banyak kita temukan nasi lengko atau empal gentong. Namun jika anda pulang melewati jalur darat pantura, tak ada salahya untuk mencicipi lezatnya makanan kuliner nusantara tersebut di daerah asalanya. (Foto: https://kmk312dewi.wordpress.com)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.