Sukses

Hari Konsumen Nasional: Ajak Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

Tanggal 20 April ditetapkan sebagai Harkonas tiap tahunnya dengan mengacu kepada Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsu

Citizen6, Jakarta Tepat hari ini Senin (20/4/2015), diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Indonesia. Bedasarkan keputusan Presiden nomor 13 tahun 2012 tentang Harkonas, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Harkonas tiap tahunnya dengan mengacu kepada Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Untuk tahun 2015 ini, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (Dirjen SPK) mengambil tema "Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri". Mereka pun kembali menggelar peringatan Harkonas demi menekan pentingnya nasionalisme untuk mencintai produk dalam negeri.

"Indonesia ini merupakan konsumen terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia dengan 253 juta penduduk. Kemendag berharap seluruh rakyat Indonesia memperkuat nasionalisme dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri," tungkas Dirjen SPK Kemendag Widodo di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015). 

Sontak, perayaan Harkonas ini juga mendapat sorotan publik di jejaring sosial. Pantauan Citizen6 di linimasa Twitter, terlihat para onliner membuat ciapan berupan ucapan maupun kiat-kiat untuk tetap menjadi konsumen yang cerdas dan mencintai produk dalam negeri.

 

 

 

 

Onliner juga memeriahkannya dengan mencantumkan hastag #Harkonas. Nah, saking banyaknya onliner yang membahas topik tersebut, perbincangan Harkonas pun menjadi topik populer di linimasa. Terlihat tagar #Harkonas dan kata kunci Hari Konsumen Nasional berada di jajaran trending topic kedelapan dan sembilan Twitter.

 

 

 

 

 

Selain untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, peringatan Harkonas juga diharapkan akan menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri. Dilansir harkonas.id pada Senin (20/4/2015), dengan demikian, diharapkan pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.