Sukses

3 Hari di Laut, 365 Siswa SMAN 2 Lamongan Kembali ke Darat

Pengalaman liburan yang langka, bagi rekan-rekan SMA lainnya yang belum mendapat kesempatan ini

Citizen6, Surabaya Setelah merasakan kehidupan di KRI selama tiga hari berturut-turut, akhirnya 365 siswa SMAN 2 Lamongan harus kembali ke “darat”. Sebab kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari yang mereka ikuti, resmi ditutup Rabu kemarin (25/06).

Bintal Juang Remaja Bahari atau kerap disingkat BJRB, merupakan program tahunan TNI AL dalam hal ini dikelola Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal V. Kegiatan yang dikhususkan bagi kaum remaja tersebut, dan bertujuan memupuk dan menumbuh kembangkan jiwa bahari itu, resmi ditutup oleh Kepala Dispotmar (Kadispotmar) Lantamal V Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko di Gedung Serba Guna, Mako Lantamal V, Surabaya.

Penutupan BJRB tersebut dihadiri para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dilingkungan Lantamal V, para pelatih dan pembina siswa serta para guru SMAN 2 Lamongan.

Joko Sembogo –salah seorang siswa SMAN 2 Lamongan mengatakan, kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari ini merupakan kegiatan langka yang bisa didapat remaja sepertinya. Selain mendapatkan materi yang luar bisa bermanfaat bagi dirinya ia juga merasa terkesan karena bisa melihat dan merasakan langsung kehidupan para prajurit di Kapal perang yang serba sempit dan terbatas.

Excellent, senang saya bisa mengikuti event ini, saya bangga melihat para prajurit kapal yang tidak pernah mengeluh dengan kondisi yang ada, mereka profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” terang Joko yang tinggal di Desa Kedungpring ini.

Senada dengan Joko, Risma Handayani yang juga sekelas dengan Joko ini mengaku senang, selain bisa merasakan hidup di atas KRI, ia juga terkesan ketika diajak mengunjungi hanggar pesawat di Pangkalan TNI AL Lanudal Juanda, melihat kehidupan taruna Akademi Angkatan Laut dan melihat rasi bintang di Planetarium yang berlokasi di Museum TNI AL, Bumimoro.

“Wah pengalaman liburan yang langka, bagi rekan-rekan SMA lainnya yang belum mendapat kesempatan ini, silahkan ikut dalam program BJRB ini, dijamin mantap dan mengasyikan,” terang Risma sambil mengacungkan jempolnya.

Sementara itu Kadispotmar lantamal V mengatakan bahwa pelaksanaan BJRB tahun ini dapat berjalan aman dan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari mengalirnya rangkaian tanpa hambatan dan rintangan yang berarti, para peserta begitu menikmati. Bahkan mereka berharap tahun depan bisa mengikuti lagi, hal tersebut disebabkan pada BJRB kali ini para peserta dimarkaskan di KRI Surabaya-591, sebuah kapal perang yang cukup besar dan nyaman bagi penggunanya.

Selain mengenal kehidupan kapal, tak kalah penting para peserta juga mendapatkan pembekalan berupa pembinaan mental rohani, Pencegahan Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkotika, kemudian wawasan kebangsaan dan jiwa bahari berupa pembinaan potensi, kekuatan maritim dan bela negara.

Agar para peserta BJRB memahami lebih dalam materi tentang kebaharian, maka mereka juga diajak berlayar disekitar selat Madura dengan menggunakan beberapa kapal tunda yakni TD Bromo, TD Tinombala, dan TD Lawu. Para peserta juga mendapat kesempatan mengunjungi beberapa satuan di TNI AL seperti Kopaska, dimana disana mereka melihat para penyelam pasukan Katak TNI AL berlatih di sebuah kolam besar. Kemudian Lanudal Juanda juga menjadi jujugan peserta BJRB untuk melihat fasilitas pesawat intai TNI AL.

Bangunan-bangunan yang menjadi ikon TNI AL juga tidak luput mereka kunjungi, diantaranya KRI yang berada di pangkalan, Sesawat udara TNI AL di Lanudal Juanda, Museum dan Planetarium AAL, Monumen Jalesveva Jayamahe, serta Akademi Perikanan Sidoarjo.

Pengirim:

Kadispen Lantamal V Surabaya Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos 


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Senin, 23 Juni sampai 29 Juni Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-14 dengan topik "Persiapan Menjelang Puasa Ramadan". Info selengkapnya bisa dilihat di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini