Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Undian Berhadiah HUT BRI ke-128 Tahun

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun, bagaimana faktanya? Simak hasil penelusurannya dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 Juni 2024.

Unggahan klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun menampilkan gambar kendaraan mobil dan sepeda motor, smartphone dan emas, dalam gambar tersebut terdapat tulisan "BRITAMA FSTVL Undian Hut Ke 128 thn".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"#Ayo Daftar

Festival Brimo dapat kan keberuntungan nya silahkan klik 𝗗𝗔𝗙𝗧𝗔𝗥 di atas 👆

Hai Sobat BRI, memenangkan Hadiah Utama & Berbagai hadiah menarik lainnya berikut ini:

𝗚𝗿𝗮𝗻𝗱 𝗣𝗿𝗶𝘇𝗲 :

° 30 Unit Mobil Inova zenix

𝗛𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗟𝗮𝗶𝗻𝗻𝘆𝗮 :

° 10 Unit Mobil Fortuner

° 5 Porsi Umroh Gratis

° 100 motor beat street 2024

° 250 IPhone 15 Pro Max

° 2000 gram emas"

Dalam unggahan tersebut juga menyertakan tautan "https://fstvlgbbyr2024.web.app/daftar/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR3DsIQJBuzXFm3WsynyKe_B8MnSbk1JaH4UjdtUokQwe-Eg7przu_xas4g_aem_C0KdqzvNLL6j85mhHZdhRw", jika diklik tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang menampilkan formulir digital dan meminta data pribadi pengaksesnya.

Benarkah klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun, penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Waspada Modus Social Engineering" yang dimuat situs resmi BRI bri.co.id, tulisan tersebut memuat infografis yang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai social engineering yaitu sebuah teknik memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu atau memanipulasi korban.

BRI pun mengingatkan agar kita selalu waspada terhadap setiap email, WhatsAp, telepon, alamat web atau tautan dan akun yang mentasnamakan BRI.

Selain itu juga menjaga kerahasiaan data seperti PIN, password, OTP, CVV/CVC dan M-token agar tidak diberitahukan pada pihak manapun termasuk pertugas BRI.

Artikel berjudul "Cek Fakta: Waspada Hoaks Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI" yang dimuat situs Liputan6.com menyebutkan, BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi yang sudah centang biru atau terverifikasi sebagai media komunikasi.

Website resmi BRI beralamat di www.bri.co.id, akun Instagram @bankbri_id, akun Facebook: Bank BRI serta Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, dan @promo_bri.

Sumber:

https://www.bri.co.id/en/waspada-modus-detail?title=waspada-modus-social-engineering

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pendaftaran undian berhadiah HUT BRI ke-128 tahun tidak benar.

BRI mengimbau masyarakat untuk mewaspadai social engineering yaitu sebuah teknik memperoleh informasi rahasia dengan cara menipu atau memanipulasi korban, BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi yang sudah centang biru atau terverifikasi sebagai media komunikasi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini