Sukses

Deretan Hoaks Seputar Prabowo Subianto, Simak Faktanya

Hoaks kerap mencatut nama tokoh atau pejabat tertentu tak terkecuali Prabowo Subianto. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama tokoh atau pejabat tertentu tak terkecuali Prabowo Subianto. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial.

Lalu apa saja hoaks catut nama Prabowo Subianto? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Presiden Jokowi dan Prabowo Bawa Plakat 'Juara 1 Nipu Rakyat'

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa piala dan plakat "Juara 1 Nipu Rakyat". Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 31 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa Piala dan plakat dengan tulisan "Juara 1 Nipu Rakyat". Postingan itu juga disertai narasi:

"PENYELENGARA PEMILU DIPEMERINTAHANNYA NGAKALIN SIREKAP. BIAR RAKYAT INDONESIA DUNGO NGIKUTIN KEMAUANNYA."

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi dan Prabowo membawa piala dan plakat "Juara 1 Nipu Rakyat"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Prabowo Ucapkan Selamat untuk Anies Baswedan karena Menang Pilpres pada 4 Maret 2024

Beredar di media sosial postingan video Prabowo Subianto mengucapkan selamat pada Anies Baswedan yang menjadi pemenang Pilpres pada 4 Maret 2024. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 6 Maret 2024.

Dalam postingan itu terdapat video Prabowo berpidato dengan narasi sebagai berikut:

"Mendapat kehormatan untuk mengucapkan selamat kepada saudara Anies Rasyid Baswedan. Terima kasih kepada KPU, berterima kasih kepada semua aparat, iya kepada kepolisian, kepada TNI ya, prajurit semua."

Video dilanjutkan dengan pidato Anies Baswedan dengan narasi:

"Hasil akhir sebuah fase yang menemui ujungnya. Bagi kami perjalanan masih panjang ikhtiar yang kami lakukan, ikhtiar kita yang sesungguhnya adalah mengembalikan dan menghadirkan keadilan di Indonesia."

Video itu disertai narasi:

"Paslon 01 pemenang Pilpres 2024-2029. Prabowo ucapkan selamat kepada Bpk Anies Baswedan 4 Maret 2024"

Lalu benarkah postingan video Prabowo Subianto mengucapkan selamat pada Anies Baswedan yang menjadi pemenang Pilpres pada 4 Maret 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Prabowo Bagikan Bantuan Puluhan Juta Rupiah untuk Lansia dengan Mendaftar Melalui Whatsapp

Beredar di media sosial postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang puluhan juta rupiah pada lansia dengan mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 April 2024.

Berikut isi postingannya:

"Alhamdulillah teruntuk usia lanjut 40-65 tahun saya pastikan dapat bantuan dari saya sebesar 10-25 juta tanpa diundi"

Akun itu menambahkan narasi "Caranya hubungi via Whatsapp 0823737565xx"

Lalu benarkah postingan Prabowo Subianto membagikan bantuan uang puluhan juta rupiah pada lansia dengan mendaftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini