Sukses

Daftar Hoaks Ramalan The Simpsons: Runtuhnya Jembatan di Baltimore hingga Kapal Selam Titan Tenggelam

Simak kumpulan hoaks seputar The Simpsons, berupa ramalan peristiwa yang terjadi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kartun The Simpsons sering kali dikaitkan dengan peristiwa yang ada di dunia nyata. Tak jarang juga, banyak pihak yang mengaitkan adegan di kartun The Simpsons sebagai ramalan yang bakal terjadi di masa depan.

Namun, prediksi atau ramalan tersebut ternyata palsu alias hoaks. Misalnya saja, ramalan kartun The Simpsons terkait runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat pada 26 Maret 2024 lalu.

Ramalan tersebut viral dan banyak dibagikan sejumlah akun Facebook. Dalam postingan tersebut, terdapat gambar berisi salah satu karakter di kartun The Simpsons yakni Homer Simpsons yang tengah melihat sebuah kapal menabrak jembatan.

Gambar itu kemudian dikaitkan dengan peristiwa jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat yang runtuh setelah ditabrak sebuah kapal kargo.

"The Simpsons never disappoint with their eeriely accurate predictions," tulis salah satu akun Facebook.

Namun setelah ditelusuri, kabar tentang kartun The Simpsons memprediksi runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat ternyata tidak benar. Faktanya, gambar kartun The Simpsons yang dikaitkan dengan peristiwa tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

Selain prediksi runtuhnya jembatan di Baltimore, Amerika Serikat, terdapat ramalan palsu lainnya yang dikaitkan dengan kartun The Simpsons. Berikut rangkumannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartun The Simpsons Ramalkan Kebakaran di Hawaii

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Agustus 2023.

Unggahan klaim tayangan The Simpsons ramalkan kebakaran di Hawaii tersebut menampilkan video cuplikan kartun The Simpsons, dalam video kartun tersebut terlihat tembakan sinar yang membakar bangunan. Sejumlah tokoh terlihat menghindari sinar tersebut.

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"Simpons did it again In Hawaii"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Begitu banyak episode Simson dan di kemudian hari kejadian, seperti ngebom wtc,Pentagon,gantung Sadam Husein, hancurkan Afganistan, kopit dll.. film ramalan atau rekayasa (konspirasi) masa depan

#mikir"

Setelah ditelusuri, tayangan The Simpsons yang diklaim ramalkan kebakaran di Hawaii ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut adalah bagian dari episode berjudul berjudul "Monty Burns' Fleeing Circus" yaitu tentang patung krom yang baru didirikan di pusat kota Springfield secara tak terduga bertindak sebagai cermin, memfokuskan sinar matahari menjadi sinar yang kuat yang kemudian menghancurkan sebagian besar kota.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 3 halaman

The Simpsons Prediksi Tenggelamnya Kapal Selam Titan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Juni 2023.

Dalam postingan itu terdapat potongan gambar akun The Simpson yang menampilkan Homer Simpsons sedang menuju ke bangkai kapal laut lalu terjebak dan oksigennya habis. Postingan itu disertai narasi:

"The Simpsons benar-benar meramalkan insiden kapal selam titanic

Wow... Prediksi The Simpson memukul lagi

Sebuah benang pendek"

Setelah ditelusuri, postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan adalah tidak benar. Faktanya, kartun The Simpsons yang viral merupakan tayangan tahun 2006.

Dalam episode tersebut Homer Simpsons menggunakan kapal selam untuk mencari harta karun di sebuah bangkai kapal bukan kapal Titanic seperti yang viral di media sosial. Namun dalam perjalanan tersebut kapal selam Homer terjebak dan dia kehabisan oksigen. Dia lalu terbangun di rumah sakit setelah koma selama tiga hari.

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.