Sukses

Daftar Tips Konsumsi Bahan Bakar yang Ternyata Hoaks, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks tips mengkonsumsi bahan bakar

Liputan6.com, Jakarta - Tips mengkonsumsi bahan bakar tentu menarik untuk diikuti, namun ada pihak yang menjadikannya sebagai bahan hoaks. Hal ini tentu dapat menyesatkan hingga menimbulkan kerugian.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pun mengungkap sejumlah hoaks seputar seputar tips mengkonsumsi bahan bakar, mulai dari LPG hingga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Berikut kumpulan hoaks tips mengkonsumsi bahan bakar.

Rendam Tabung Gas Elpiji dalam Air Bisa Bikin Hemat

Beredar kembali postingan video cara menghemat tabung gas Elpiji dengan cara merendamnya di air. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Kenapa gas di dapur cepat habis!! Ini dia solusinya...

pertama siapkan wadah ember atau jolang kemudian isi dengan air sebanyak setengah wadah seperti ini... Masukan tabung gas ke dalam wadah yang sudah diisi air dan pastikan tabung gas tidak mengambang.

Cara ini cukup efektif untuk menghemat gas anda silahkan mencoba"

Lalu benarkah postingan video cara menghemat tabung gas Elpiji dengan cara merendamnya di air? Simak hasil penelusurannya di sini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menyiasati Pengisian BBM saat Harga Naik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tips menyiasati pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) saat harga naik. Kabar tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tips menyiasati pengisian BBM saat harga naik.

"Tip/Mensiasati Harga BBM naik:

1. Jgn isi bbm disaat siang hari,karena kita akan mendptkan minyak+angin,uap udara. karena semua SPBU meletakkan tangki penyimpanannya di bwh tanah

2. Jangan beli dengan harga nominal genap,contoh beli 50 ribu,100 ribu,200 ribu. dan itu sdh pasti petugas SPBU akan mencet tombol yg disamping angka ada,misal F1,F2,F3,F4,F5 Atan P1,P2,P3,P4,P5 Dan itu sdh dipastikan tombol F atau P sdh diset literan nya tidak akurat oleh pemilik SPBU,Belilah dgn nominal ganjil misal 102 ribu atau 205 ribu atau 52 ribu agar petugas mengetik manual.

3. Belilah BBM Dipagi hari sebelum matahari tinggi atau pada malam hari atau saat hujan. Dan itu pasti bobot minyak yg kita dptkan padat keluar dr selangnya.

Semoga bermanfaat u teman2 semua."

Benarkah informasi tips menyiasati pengisian BBM saat harga naik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini