Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Tangkapan Layar Hasil Real Count Pilpres yang Asli

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim hasil real count Pilpres yang asli.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim hasil real count Pilpres yang asli, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Februari 2024.

Klaim hasil real count Pilpres yang asli menampilkan tangkapan layar tayangan CNN Indonesia TV. Dalam tangkapan layar tersebut terdapat tulisan "REAL COUNT KPU".

Tangkapan layar tersebut juga menampilkan jumlah perolehan suara Pilpres dari tiga capres-cawapres, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 57,34%, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 23,69% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,69%. Disertai dengan tulisan "LIVE" dan logo CNN Indonesia.

Unggahan tangkapan layar tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut.

"Vidio kecurangan KPU kiriman saya di hapus admin 😆"

Benarkah klaim hasil real count Pilpres yang asli? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim hasil real count Pilpres yang asli, Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim hasil real count yang asli, pihak CNN Indonesia telah melakukan klarifikasi lewat akun resmi X @CNNIndonesia, pada 20 Februari 2024. Unggahan klarifikasi tersebut berupa tulisan sebagai berikut.

"Salah Input Angka Real Cout Pilpres

Redaksi meminta maaf atas terjadinya kesalahan input dalam penyajian angka asli hasil hitung real count Pilpres di layar CNN Indonesia TV pada Selasa 20 Februari sekitar pukul 12.24 WIB. Kesalahan telah diperbaiki segera saat itu juga. Fokus kami selanjutnya adalah memastikan tidak ada peluang sistem mengulang kesalahan yang sama. Terima kasih atas perjatian permirsa dan pembaca terkait hal ini.

Redaksi CNN Indonesia"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sehubungan dengan salah input data hasil hitung real count Pilpres di layar CNN Indonesia TV, Selasa (20/2) pukul 12.24 WIB, berikut pernyataan resmi CNN Indonesia.

Dengan ini kami meminta maaf atas kesalahan tersebut. Terima kasih. #CNNIndonesia"

Sumber:

https://twitter.com/CNNIndonesia/status/1759966017185526214

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim hasil real count Pilpres yang asli tidak benar.

Redaksi CNN Indonesia TV menyebut telah terjadi kesalahan input dalam penyajian angka asli hasil hitung real count Pilpres di layar CNN Indonesia TV pada Selasa 20 Februari sekitar pukul 12.24 WIB.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.