Sukses

Deretan Hoaks Catut Nama CNN, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Nama media ternama CNN kerap dicatut untuk membuat hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam konten dan tersebar di dunia maya.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama CNN? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Foto Abu Janda dalam Artikel CNN Indonesia Ini Hasil Editan

Beredar di media sosial postingan foto Abu Janda atau Permadi Arya dalam artikel CNN Indonesia berjudul "Gerindra Beber Program Jika Jadi Presiden: Makan Gratis". Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 September 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Abu Janda dalam artikel CNN Indonesia berjudul "Gerindra Beber Program Jika Jadi Presiden: Makan Gratis".

Akun itu menambahkan narasi:

"Sudah mulai main janji para capres dan cawapres..makan gratis dan ada yang orang bunting tunjangan 6 juta...Tetapi seperti dah ada yg terbukti ini...si permadi dah makan gratis sepertinya program prabowo..."

Lalu benarkah postingan foto Abu Janda atau Permadi Arya dalam artikel CNN Indonesia berjudul "Gerindra Beber Program Jika Jadi Presiden: Makan Gratis"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel CNN Indonesia "Sri Mulyani: BBM Tidak Dinaikkan Negara Kesulitan Bayar Utang"

Beredar di media sosial postingan artikel CNN Indonesia.com berjudul "Sri Mulyani: BBM Tidak Dinaikkan Negara Kesulitan Bayar Utang". Postingan ini diunggah sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 September 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel CNN Indonesia.com berjudul "Sri Mulyani: BBM Tidak Dinaikkan Negara Kesulitan Bayar Utang".

Akun itu menambahkan narasi:

"Saya heran, mengapa saya selalu ingat IKN jika melihat berita tentang kenaikan harga BBM."

Lalu benarkah postingan artikel CNN Indonesia.com berjudul "Sri Mulyani: BBM Tidak Dinaikkan Negara Kesulitan Bayar Utang"? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks CNN Sebut Jokowi Sebagai Presiden Terburuk 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim CNN menyebut Jokowi sebagai presiden terburuk tahun 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 1 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat tangkapan layar CNN TV sedang melakukan sesi wawancara. Tangkapan layar itu disertai narasi "Mr. Jokowidodo is worst president 2024 of Indonesia"

Akun itu menambahkan narasi "Ini yg ngomong media internasional lho, ya... Si juki presiden terburuk saat ini"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim CNN menyebut Jokowi sebagai presiden terburuk tahun 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini