Sukses

Bentuk Ekosistem Informasi yang Bersih, AMSI Dukung Perluasan Gerakan Cek Fakta

Gerakan cek fakta diharapkan mampu menjadi gerakan sosial yang lebih masif di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengharapkan kegiatan cek fakta yang dilakukan saat ini dapat terus berkembang hingga dapat menumbuhkan akar rumput baru yang akan meneruskan gerakan ini.

Ketua Umum AMSI, Wahyu Dhyatmika menekankan pentingnya menjadikan gerakan cek fakta menjadi sebuah gerakan sosial yang lebih masif. Hal tersebut menjadi tantangan mendasar untuk menjawab kebutuhan publik terhadap ekosistem informasi yang bersih dari misinformasi dan disinformasi.

"Kita belajar dari berbagai FGD, pelatihan, dan workshop yang telah dilakukan dalam 5 tahun terakhir. Salah satu yang penting untuk dibuat lebih relevan adalah bagaimana kita menggeser gerakan cek fakta, yang tadinya adalah sebuah inisiasi dari AJI, AMSI, dan Mafindo, menjadi sebuah gerakan sosial yang lebih masif lagi ke depannya," ujarnya saat menjadi narasumber dalam sesi Talk Show "Pre-bunking dan Gerakan Kolaborasi Cek Fakta."

Penyusunan rencana strategis (renstra) untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang telah disusun oleh ketiga inisiator gerakan cek fakta tersebut. Fokus utamanya ada pada menciptakan mekanisme pertahanan diri (self defense mechanism) dalam ekosistem informasi di Indonesia.

"Jadi awal tahun kemarin itu kita membahas roadmap-nya, kita mengira fase-fase untuk menuju ekosistem informasi yang punya self defense itu bagaimana," kata pria yang juga akrab disapa Bli Komang tersebut.

"Tentu idealnya kita baru bisa disebut berhasil ketika setiap pengguna internet sudah punya kemampuan untuk melakukan penyaringan informasi, itu yang kita sebut dengan self defense. Lalu, idealnya juga secara regulasi sudah ada aturan-aturan yang tegas dan mengatur bagaimana sanksinya jika mis/disinformasi beredar," ujarnya menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai dari Pendidikan

Pendidikan menjadi kunci sebagai tempat awal membentuk masyarakat yang kritis dan skeptis terhadap informasi.  

Penyusunan modul ajar, penyediaan Learning Management System (LMS), hibah riset, pengadaan berbagai kelas pelatihan cek fakta hingga lomba konten pre-bunking, Focus Group Discussion (FGD), serta seminar nasional, dan berbagai kegiatan lainnya telah dilakukan.

"Dan untuk mencapai hal tersebut, memang dimulai dari pendidikan, dari sekolah. Itu yang sedang kita coba lakukan juga. Mereka nantinya akan lebih kritis dan skeptis dalam menerima informasi. Jadi, ini memang pekerjaan bersama-sama, dan bukan hanya soal cek fakta, tetapi soal literasi dan ekosistem informasi kita," ujar Wahyu.

Tidak hanya itu, Wahyu juga menyoroti pentingnya me-localize gerakan ini dengan membuat konten-konten cek fakta, seperti video pre-bunking, dalam bahasa lokal agar lebih relevan dan diterima oleh masyarakat.

"Ini yang kemarin sudah coba oleh kami dengan membuat video pre-bunking dengan bahasa lokal. Nah, hal-hal seperti itu harus diperbanyak agar kegiatan cek fakta menjadi budaya, kebiasaan, dan mindset di dalam masyarakat," katanya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.