Sukses

Hoaks Terkini Seputar Fenomena Alam, Simak Daftarnya

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap hoaks seputar fenomena alam

Liputan6.com, Jakarta- Fenomena alam kerap terjadi di sekitar kita, kabar tentang peristiwa tersebut pun beredar bahkan kerap disusupi oleh hoaks.

Hoaks seputar fenomena alam yang beredar di media sosial pun beragam bahkan sulit di kenali, hal ini tentu dapat dengan mudah menyesatkan.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah seputar fenomena alam, berikut daftar hoaksnya.

Video Badai Petir di Israel

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video badai petir di Israel, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Oktober 2023.

Unggahan klaim video badai petir di Israel menampilkan langit mendung dengan awan kelabu yang menggulung kemudian terlihat derasnya air yang turun dari langit. Kemudian dilanjutkan dengan tamoilan suasan pemukiman yang juga diguyur air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan

"Israel Today

17 October 2023

Badai di Israel

Mengerikan !

Badai serta Petir di Israel"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Badai petir di Isr4hell"

Benarkah klaim video badai petir di Israel? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Hujan Lokal di Rumah Kiai di Makassar

Beredar di media sosial postingan video hujan lokal di rumah seorang Kiai di Makassar. Postingan tersebut beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 14 Oktober 2023.

Dalam postingannya terdapat video sebuah rumah yang diguyur hujan walaupun matahari bersinar terik. Di dalam video itu terdapat suara seorang wanita dengan narasi:

"Terjadi hujan satu-satunya rumah pak kyai terjadi di jalan Sunu, terjadi rumah kehujanan sayang...Kau lihat semua basah di depan rumah gara-gara hujan"

Lalu benarkah postingan video hujan lokal di rumah seorang Kiai di Makassar? Simak dalam artikel berikut ini….

3 dari 4 halaman

Video Kebakaran Akibat El Nino Ekstrem di Mesir

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kebakaran akibat El Nino ekstrem di Mesir. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Agustus 2023.

Klaim video kebakaran akibat El Nino ekstrem di Mesir menampilkan kobaran api dengan asap hitam yang mengepul membakar sejumlah kendaraan.

Terlihat sejumlah orang sedang menghindari kobaran api tersebut dan ada seorang yang sedang dievakuasi.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"📍, this in Egypt 🇪🇬

ELNINO sngt extrim

ku melihat api d mana2 🥺😢"

Benarkah Klaim video kebakaran akibat El Nino ekstrem di Mesir? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.