Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Prajurit dan Roket akan Dikirim Presiden Jokowi ke Palestina

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 Oktober 2023.

Unggahan klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina menampilkan sejumlah kendaraan yang mengangkut alat utama sistem pertahanan atau alutsista, alat persenjataan dan alat transportasi air yang dinaiki sejumlah orang mengenakan baju hitam dan loreng melintasi jalan dengan latar belakang gedung bertingkat di antaranya Kantor Bawaslu dan Kementerian Agama.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Presiden Jokowi Wododo akan kirim beberapa roket yang akan terbang ke Palestina maju terus untuk para prajurit TNI Indonesia yang aka berjuang bantu saudara Kita Palestina yang akan perag besar"

Benarkah klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina, dengan menangkap layar video tersebut namun tidak ada situs yang memuat video atau gambar yang identik.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pawai kendaraan militer'.

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya akun YouTube resmi stasiun televisi TV One tvOneNews yang mengunggah video berjudul "Jelang HUT TNI Ke-78, Alutsista Lalu Lalang di Jalanan Ibu Kota", pada 3 Oktober 2023.

 

<p>Penelusuran klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina</p>

 

Dalam video tersebut terlihat kendaraan pengangkut alutsista dan lokasi yang identik dengan klaim video, yaitu pada tayangan ke 0.56 detik.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"TNI menggelar gladi bersih perayaan HUT ke-78 pada Selasa pagi (3/10). Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, tampak para warga dan pengendara mengabadikan momen saat sejumlah kendaraan tempur milik TNI melewati jalanan ibu kota.".

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=l-BHIVQT49U

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video prajurit dan roket yang akan dikirim Presiden Jokowi ke Palestina adalah tidak benar. Iringan kendaraan pengangkut alutsista tersebut dalam rangka perayaan HUT ke-78.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini