Sukses

Hoaks Libatkan Kendaraan Tempur, Simak Daftarnya Biar Tak Dibohongi

Kendaraan tempur seringkali dimanfaatkan dalam hoaks untuk membuat berita palsu lebih menarik dan membuat orang percaya.

Liputan6.com, Jakarta- Kendaraan tempur kerap dilibatkan dalam hoaks untuk membuat karangan informasi bohong semakin dramatis, sehingga penerima kabar pun terlena dan mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengungkap sejumlah hoaks membawakan kendaraan tempur, kabar bohong tersebut mengkaitkan dengan peristiwa yang sedang terjadi.

Berikut kumpulan hoaks yang menyajikan kendaraan tempur.

Video Ini Pengiriman Kendaraan Perang ke Daerah Konflik Pulau Rempang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kendaraan perang dikirim ke daerah konflik Pulau Rempang, informasi tersebut diunggah salah akun Facebook, pada 16 September 2023.

Unggahan klaim video kendaraan perang dikirim ke daerah konflik Pulau Rempang menampilkan kendaraan menangkut tank sedang terparkir kemudian berjalan.

Dalam video tersebut juga terlihat sejumlah orang mengenakan seragam bermotif loreng hijau.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "HEBOH TRUCKBAJA MEMENUHI PARIKIRAN PELABUHAN MERAK"

"NGGA TAU MAU DIKIRIM KEMANA DAN UNTUK DIPAKAI ACARA APA...?"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kendaraan perang di pelabuhan merak???

Apakah mau nyebrang ke Sumatra??

Habis itu ke daerah konflik.

Ujung ujungnya Pulau Rempang.

Jika diharuskan, gw setuju jika Sumatra kepingin merdeka."

Benarkah klaim video kendaraan perang dikirim ke Pulau Rempang? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Tank Senyekat Jalur Mudik Perbatasan Bekasi - Bogor

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video tank diterjunkan menyekat jalur mudik perbatasan Bekasi-Bogor.Klaim tersebut diunggah akun Facebook Ayu Kurnia, pada 7 Mei 2021.

Unggahan klaim video tank diterjunkan untuk menyekat jalur mudik perbatasan Bekasi-Bogor tersebut berupa video yang menampilkan sejumlah orang mengenakan seragam loreng berwarna hijau, kemudian terdapat tank yang berjalan dari jalur aspal menuju jalan tanah.

Dalam video terdapat narasi suara sebagai berikut:

"Penyekatan mudik di perbatasan Bekasi-Bogor nggak tanggung-tanggung TNI nurunin Tank Baja. Yang mau mudik biar dibom,"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Hati² bagi yang mudik lewat perbatasan Bekasi_Bogor sudah disediakan thank baja,, Yang berani lewat biar di bom😀😀😀😀😀😀Ruwet ruwetAstaghfirullaahal'adziim..."

Benarkah klaim video tank menyekat jalur mudik perbatasan Bekasi-Bogor? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

3 dari 4 halaman

Foto Kecelakaan Kendaraan Pengangkut Rudal dari Indonesia untuk Rusia

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia, menampilkan kendaraan jenis turk yang mengangkut benda berbentu tabung panjang lancip pada bagian ujung.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rudal sg wingi di Kirim Indonesia gawe

mbantu rusia lur,..

Kecelakaaan !!.. untung ae hulu ledak e wes

di jinakan ... slamet,, slamet slamett.- di Moscow Rusia."

Benarkah klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini