Sukses

6 Hoaks Seputar Presiden Jokowi, Simak Faktanya

Jokowi seringkali menjadi sasaran dari berbagai macam hoaks yang berkeliaran di dunia maya, berasal dari klaim yang tidak mendasar atau tafsiran yang salah terhadap tindakan-tindakan Presiden, merupakan tantangan nyata dari kemajuan teknologi yang harus dihadapi bersama .

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks adalah isu yang marak hadir di tengah-tengah masyarakat dan merupakan tantangan nyata dari kemajuan teknologi yang harus dihadapi bersama oleh lembaga pemerintah dan masyarakat sipil. Siapapun dan apapun dapat menjadi topik perbincangan dalam suatu informasi yang menyesatkan, tak terkecuali pemimpin negeri ini.

Sebagai Presiden, Jokowi sering kali menjadi sasaran dari berbagai macam hoaks yang berkeliaran di dunia maya. Hoaks tersebut berasal dari klaim yang tidak mendasar atau tafsiran yang salah terhadap tindakan-tindakan Presiden.

Cek Fakta Liputan6.com telah mendapatkan sejumlah hoaks seputar Presiden Jokowi dalam satu bulan belakangan ini. Mulai dari hoaks Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana sampai dengan hoaks ayah Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI. 

Berikut hoaks seputar Presiden Jokowi dalam satu bulan terakhir ini.

1. Video Jokowi Undang Rocky Gerung ke Istana

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Agustus 2023.

Video berdurasi 10 menit 36 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah berjalan bersama putranya, Kaesang Pangarep dan Rocky Gerung. Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 86 ribu kali ditonton dan mendapat 393 komentar dari warganet. Video itu juga diiringi narasi sebagai berikut.

BREAKING NEWS

JOKOWI UNDANG ROCKY GERUNG KE ISTANA

KLARIFIKASI UCAPAN B*J*NG*N T*L*L LANGSUNG DILAKUKAN

"J0K0W! P4NGG!L R0CKY GERVNG KE !ST4N4 VNTVTK D!M!NT4! KL4R!F!K4S! S04L VC4P4N B*J*NG*N T*L*L!" tulis salah satu akun Facebook.

Lalu, benarkah video yang diklaim Jokowi mengundang Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya? Simak faktanya di sini...

 

2. Foto Presiden Jokowi Sedang Memegang Gambar Wajah Anies Baswedan

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini. Foto tersebut diunggah di Facebook pada 24 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang memegang foto Anies Baswedan dengan tulisan perubahan Indonesia. Foto itu disertai narasi;

"Kaulah yg pantas jadi RI-1"

Apakah postingan foto Presiden Jokowi sedang memegang gambar wajah Anies Baswedan adalah fakta atau hoaks? Simak kebenarannya di sini...

3. Presiden Jokowi Pakai Baju Adat China pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Presiden Jokowi memakai baju adat China saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook pada tanggal 18 Agustus 2023. Di dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi dengan iringan narasi, sebagai berikut. 

"Hancur Negeri ini, Kepala Negara. Upacara Bendera pakai Baju Cina."

Akun itu menambahkan narasi, "Lagi capek-capeknya malah dibikin capek"

Lalu benarkah Presiden Jokowi memakai baju adat China saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara? Simak faktanya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Video Jokowi Umumkan Pemberian Bantuan Rp 1,2 Juta dengan Cantumkan Tanda Like Akun TikTok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati  klaim Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok berupa video yang menampilkan Jokowi sedang berbicara menggunakan pengeras suara "Diberikan bantuan sebesar satu juta 200 ribu"

Dalam tayangan tersebut pun terlihat seorang yang sedang memegang sejumlah lembaran uang nominal Rp 100 ribu. Pada tayangan tersebut terdapat juga tulisan "Diberikan bantuan sebesar Rp 1.200.000 bagi yang sudah ikutan cara ini"

Kemudian video tersebut menanyangkan cara untuk mendapati uang tersebut yaitu menampilkan akun TikTok bernama Jokowi yang dengan unggahan foto Jokowi mengenakan busana adat Jawa. Dalam video tersebut pun terdapat tangan yang bergerak memberikan Like dan mengarahkan untuk menyalin tautan. Kemudian pada video berikutnya menampikan halaman yang menyatakan seorang mendapat uang.

Lalu, benarkah Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta hanya dengan  mencantumkan tanda Like pada akun TikTok? Simak penelusuran faktanya di sini...

5. Jokowi Tunjuk Hotman Paris Jadi Pengacaranya untuk Hadapi Rocky Gerung

Klaim video Jokowi tunjuk Hotman Paris sebagai pengacara untuk hadapi Rocky Gerung yang diunggah salah satu akun Facebook pada 5 Agustus 2023. Vidio tersebut menampilkan foto Hotman Paris sedang bersama awak media dengan diiringi narasi sebagai berikut.

"BREAKING NEWS....!!

JOKOWI TUNJUK HOTMAN SEBAGAI PENGACARA

ROKY TIDAK AKAN BISA KABUR DARI JERATAN HUKUM"

Kemudian dilanjutkan dengan tayang yang menampilkan narasi suara seorang perempuan sebagai berikut.

"Hotman Paris buka suara kasus Rocky Gerung hina Presiden Jokowi, bisa dieksekusi pakai cara ini."

Kemudian video tersebut menampilkan video pengadilan dan diselingi dengan video Hotman Paris sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Kasus Rocky Gerung apa upaya hukumnya apa sanksi hukumnya, satu-satunya upaya hukum terhadap Rocky Gerung hanya berdasarkan Undang-undang ITE yaitu dugaan pencemaran nama baik, masalahnya karena pencemaran nama baik itu adalah delik aduan maka harus korbanya yang melaporkan ke polisi, dalam hal ini apabila bapak presiden merasa dirugikan harus bapak presiden yang datang ke kantor Polisi untuk membuat laporan polisi, itulah SOP praktek UU ITE saat ini"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"JOKOWI TUNJUK HOTMAN PARIS S3BAGAI PENG4CARANYA.. ROKY GERUNG KAL! INI TID@K B1SA KABUR LAGI"

Benarkah Klaim video Jokowi tunjuk Hotman Paris sebagai pengacara untuk hadapi Rocky Gerung? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

6.  Foto yang Diklaim Ayah Jokowi Seorang Komandan PKI

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI. Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook pada tanggal 7 Agustus 2023. 

Dalam postingannya terdapat foto seseorang dengan memakai seragam tentara lengkap dengan topinya. Postingan foto itu disertai narasi:

"Ternyata terkuak orang tua Jokowi adalah gembong komunis etnis China. Keceplosan sebutin nama ayah saya diperkawinan saudara perempuan saya.

Ini lho bapaknya Jokowi, yg namanya Widjiatno!! Dokumen negara sudah di buka! Jokowi asli PKI Tulen!! Ganyang jokowi PKI. Komunis itu pintar menipu. Bohong adalah hal biasa."

Akun itu menambahkan narasi,

"Keceplosan ni curut..."

Lalu, benarkah postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI? Cek faktanya di sini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.