Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto yang Diklaim Ayah Jokowi Seorang Komandan PKI

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto seseorang dengan memakai seragam tentara lengkap dengan topinya. Postingan foto itu disertai narasi:

"Ternyata terkuak orang tua Jokowi adalah gembong komunis etnis China. Keceplosan sebutin nama ayah saya diperkawinan saudara perempuan saya.

Ini lho bapaknya Jokowi, yg namanya Widjiatno!! Dokumen negara sudah di buka! Jokowi asli PKI Tulen!! Ganyang jokowi PKI. Komunis itu pintar menipu. Bohong adalah hal biasa."

Akun itu menambahkan narasi,

"Keceplosan ni curut..."

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan postingan yang sama pernah dibuat artikel bantahannya pada 11 Agustus 2020. Artikel itu berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Adalah Anak Komandan PKI di Foto Ini"

Berdasarkan penelusuran sosok pria dalam postingan adalah Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen bukan ayah Presiden Jokowi, Wijiatno Notomiharjo.

Foto pria itu bisa ditemukan dalam koleksi foto yang dimiliki oleh Perpustakaan University of Wisconsin. Jenderal Wang Zhen sendiri merupakan politisi negeri Tirai Bambu dan mempunyai kedekatan hubungan dengan Presiden China Li Xiannian.

<p>Cek fakta ayah Presiden Jokowi komandan PKI</p>

Pria yang lahir pada 1908 dan wafat pada 1993 di Guangzhou itu juga menjadi salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis China.

Di sisi lain foto Wang Zhen dalam postingan juga telah melalui proses penyuntingan. Pasalnya pada foto asli tidak ada logo palu arit di kerah baju yang dikenakan Wang Zhen.

Sumber:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4319475/cek-fakta-tidak-benar-presiden-jokowi-adalah-anak-komandan-pki-di-foto-ini

https://collections.lib.uwm.edu/digital/collection/agsphoto/id/12084/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto yang mengklaim ayah dari Presiden Jokowi adalah seorang komandan PKI adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini