Sukses

5 Hoaks Sepekan, dari Pembagian Paket Internet sampai Bantuan

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial dibanjiri beragam hoaks, kondisi ini menuntut kita untuk lebih jeli sebelum mempercayai informasi.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Internet Gratis 30 GB Promo Hari Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia. Informasi tersebut dibagikan lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia berupa tulisan yang mencantumkan tautan untuk mendapat internet gratis 30 GB untuk masing-masing operator telekomunikasi, yaitu Telkomsel, XL, 3, Indosat, AXIS, dan Smartfren. 

Jika tautan tersebut diklik makan akan masuk pada halaman situs internet terdapat tulisan sebagai berikut.

"INDEPENDENCE DAY OFFER 30 GB FREEE

Indonesia Independence Day"

Dalam halaman tersebut kemudian terdapat kalimat yang mengarahkan memasuki tahap berikutnya dengan mengkil menu "CONTUNUE".Berikut tulisan tersebut.

If you want to Get Free 30GB Data.Then click on the button given below. We are offering Free 30GB. Get Now and share it to all your family and friends. Note! this is limited time offer.

Berikut  klaim promo hari Kemerdekaaan Indonesia internet gratis 30 GB

"*Penawaran Internet Gratis 30GB*❤

Untuk Mengaktifkan Internet Gratis 30GB klik di sini👇

*1. Telkomsel*sailsth.top/Telkomsel-30GB

*2. XL*sailsth.top/XL-30GB

*3. THREE*sailsth.top/Three-30GB

*4. indosat*sailsth.top/indosat-30GB

*5. AXIS*sailsth.top/AXIS-30GB

*6. smartfren*sailsth.top/smartfren-30GB

*7. Other Networks*sailsth.top/Other-30GB"

Benarkah klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, simak hasil penelusurannya di sini...

 

2.  Agama Asli Erick Thohir Terungkap dalam Video Ini

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Unggahan klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, menampilkan Erik Thohir sedang dalam ruang dengan sejumlah orang dan terlihat ornamen dalam ruang tersebut bergaya oriental dan terdapat lilin.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "AGAMA ASLI ERIK TOHIR, SEDANG ACARA SEMBAYANG DENGAN KELUARGA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hayyyaaa ketawan lu cekalang , lu ga bisa ngelak and bo'ong lagi aaaa......🤣🤣🤣"

Benarkah klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

3. Karyawan Pfizer Dapat Vaksin Covid-19 Khusus

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim karyawan Pfizer mendapat vaksin covid-19 khusus berbeda dari masyarakat biasa. Postingan itu beredar sejak awal bulan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 20 detik dengan narasi:

"Pejabat Pfizer, pada sidang Senat di Australia, mengatakan karyawan mereka diberi vaksin khusus, bukan vaksin yang diluncurkan ke publik.

Tidak heran, ingatkan dulu malah tidak diberikan dengan alasan mereka sedang genjot produksi, demikian salah seorang petinggi saat dicecar."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim karyawan Pfizer mendapat vaksin covid-19 khusus berbeda dari masyarakat biasa? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Batu Mengandung Listrik di Kongo

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penemuan batu yang mengandung listrik di Kongo, informasi tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, pada 10 Agustus 2023.

Unggahan klaim penemuan batu mengandung listrik di Kongo, mempilkan seorang sedang memegang benda berwarna perak kemudian dia menempelkan batu tersebut dengan dua utas kabel dari sisi yang berbeda yang diujungnya terdapat bola lampu.

Terlihat dalam video tersebut lampu menyela ketikan dua kabel ditemperkan pada benda yang menyerupai bongkahan batu kecil tersebut.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Di Afrika Tengah, di hutan Kongo, penduduk setempat menemukan batu yang tidak biasa dan bermuatan yang dapat digunakan bola lampu.

Vibranium itu nyata ❗"

Benarkah klaim penemuan batu mengandung listrik di Kongo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

5. Video Jokowi Umumkan Pemberian Bantuan Rp 1,2 Juta dengan Cantumkan Tanda Like Akun TikTok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan pemberian bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok.

Klaim Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok berupa video yang menampilkan Jokowi sedang berbicara menggunakan pengeras suara "Diberikan bantuan sebesar satu juta 200 ribu"

Dalam tayangan tersebut pun terlihat seorang yang sedang memegang sejumlah lembaran uang nominal Rp 100 ribu.

Pada tayangan tersebut terdapat tulisan "Diberikan bantuan sebesar Rp 1.200.000 bagi yang sudah ikutan cara ini"

Kemudian video tersebut menanyangkan cara untuk mendapati uang tersebut yaitu menampilkan akun TikTok bernama Bp Jokowi yang menampilkan unggahan foto Jokowi mengenakan busana adat Jawa, dalam video tersebut pun terdapat tangan yang bergerak memberikan Like dan mengarahkan untuk menyalin tautan.

Kemudian pada video berikutnya menampikan halaman yang menyatakan seorang mendapat uang.

Benarkah Jokowi berikan bantuan Rp 1,2 juta dengan cara mencantumkan tanda Like pada akun TikTok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.