Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Mengungkap Agama Asli Erick Thohir

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Unggahan klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, menampilkan Erik Thohir sedang dalam ruang dengan sejumlah orang dan terlihat ornamen dalam ruang tersebut bergaya oriental dan terdapat lilin.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "AGAMA ASLI ERIK TOHIR, SEDANG ACARA SEMBAYANG DENGAN KELUARGA"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hayyyaaa ketawan lu cekalang , lu ga bisa ngelak and bo'ong lagi aaaa......🤣🤣🤣"

Benarkah klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir? Simak penelusurannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir, penelusuran mengarah pada unggahan video berjudul "Erick Thohir Nge Vlog di Vihara!!" yang dimuat akun YouTube Erick Thohir.

Dalam video tersebut merupakan kunjungan Erick ke sejumlah vihara untuk bersilaturahmi dengan umat Tionghoa, dalam video tersebut terdapat sosok yang identik saat mendampingi Erick dengan klaim video.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Selamat merayakan Tahun baru Imlek 2022

Senang sekali bisa bersilaturahmi dengan umat Tionghoa yang merayakan Imlek di Vihara Amurva Bhumi, Vihara Sila Paramita, dan Vihara Ekayana Arama. Kami bertekad untuk terus menyebarkan kebaikan untuk sesama.

Masing-masing dari kita memiliki peran masing-masing di tahun macan air ini. Langkah kecil menyebarkan nilai solidaritas, cinta kasih, dan toleransi, akan berdampak besar untuk bangsa ini.".

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=F-V3SxphwqY

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video yang mengungkap agama asli Erick Thohir tidak benar.

Dalam video tersebut bersilaturahmi dengan umat Tionghoa yang merayakan Imlek.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.