Sukses

Awas Promo Hoaks Dalam Rangka HUT Kemerdekaan Indonesia, Kenali Ragamnya

Berikut kumpulan hoaks promo dalam rangka HUT Kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta - Momen HUT Kemerdekaan Indonesia kerap dimanfaatkan oknum pembuat hoaks untuk melakukan aksinya, dengan menyebar informasi promo produk perusahaan.

Hoaks promo perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia tersebut biasanya mengklaim pembagian hadiah gratis, hal tersebut tentu menggiurkan namun dapat merugikan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah hoaks promo dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia, mulai dari internet gratis sampai mobil mewah.

Berikut kumpulan hoaks promo dalam rangka hari Kemerdekaan Indonesia.

Internet Gratis 30 GB Promo Hari Kemerdekaan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia. Informasi tersebut dibagikan lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia berupa tulisan yang mencantumkan tautan untuk mendapat internet gratis 30 GB untuk masing-masing operator telekomunikasi, yaitu Telkomsel, XL, 3, Indosat, AXIS, dan Smartfren. 

Jika tautan tersebut diklik makan akan masuk pada halaman situs internet terdapat tulisan sebagai berikut.

"INDEPENDENCE DAY OFFER 30 GB FREEE

Indonesia Independence Day"

Dalam halaman tersebut kemudian terdapat kalimat yang mengarahkan memasuki tahap berikutnya dengan mengkil menu "CONTUNUE".Berikut tulisan tersebut.

If you want to Get Free 30GB Data.Then click on the button given below. We are offering Free 30GB. Get Now and share it to all your family and friends. Note! this is limited time offer.

Berikut  klaim promo hari Kemerdekaaan Indonesia internet gratis 30 GB

"*Penawaran Internet Gratis 30GB*❤

Untuk Mengaktifkan Internet Gratis 30GB klik di sini👇

*1. Telkomsel*sailsth.top/Telkomsel-30GB

*2. XL*sailsth.top/XL-30GB

*3. THREE*sailsth.top/Three-30GB

*4. indosat*sailsth.top/indosat-30GB

*5. AXIS*sailsth.top/AXIS-30GB

*6. smartfren*sailsth.top/smartfren-30GB

*7. Other Networks*sailsth.top/Other-30GB"

Benarkah klaim internet gratis 30 GB promo hari Kemerdekaaan Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, simak hasil penelusurannya di sini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi-Bagi Mobil Rayakan HUT Kemerdekaan RI Catut Pemilik Alfamart

Kabar tentang pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Alfamart, yakni Alfamart Club.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa pemilik Alfamart yakni Djoko Susanto memberikan hadiah mobil dan belanja gratis untuk 5 orang pemenang.

Selain itu, akun Facebook tersebut mengajak warganet untuk mengetik "GRATIS" di kolom komentar jika ingin memenangkan hadiah tersebut.

"Halo semuanya saya Djoko Susanto Pemilik Alfamart Indonesia. Masih Dalam Rangka Memeriahkan HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Alfamart Club , Mulai dari hari ni Kami Akan Memberikan kejutan hadiah mobil dan Belanja GRATIS di setiap alfamart terdekat kepada 5 orang Pemenang di Facebook. yang Berhasil Mengetik "GRATIS" Program ini Berlaku sampai tanggal 31 Agustus," tulis akun Facebook Alfamart Club.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 1.300 komentar warganet.

Benarkah kabar pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Mercedes Benz dari Telkomsel dan Baim Wong

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, kabar Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Hal tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini