Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Mobil Rayakan HUT Kemerdekaan RI Catut Pemilik Alfamart

Beredar kabar hoaks pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Alfamart, yakni Alfamart Club.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa pemilik Alfamart yakni Djoko Susanto memberikan hadiah mobil dan belanja gratis untuk 5 orang pemenang.

Selain itu, akun Facebook tersebut mengajak warganet untuk mengetik "GRATIS" di kolom komentar jika ingin memenangkan hadiah tersebut.

"Halo semuanya saya Djoko Susanto Pemilik Alfamart Indonesia. Masih Dalam Rangka Memeriahkan HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Alfamart Club , Mulai dari hari ni Kami Akan Memberikan kejutan hadiah mobil dan Belanja GRATIS di setiap alfamart terdekat kepada 5 orang Pemenang di Facebook. yang Berhasil Mengetik "GRATIS" Program ini Berlaku sampai tanggal 31 Agustus," tulis akun Facebook Alfamart Club.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 1.300 komentar warganet.

Benarkah kabar pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram resmi yang dikelola Alfamart, @alfamart.

Di akun Instagram @alfamart, tidak terdapat konten berisi program bagi-bagi hadiah mobil dari pemilik Alfamart. Justru, akun Instagram @alfamart mengunggah konten yang meminta masyarakat mewaspadai modus penipuan bagi-bagi hadiah mencatut Alfamart.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @alfamart.</p>

"Hai Sahabat!!

Yuk tetap bijak dan waspada saat bersosial media terutama terhadap pihak yang mengatasnamakan Pihak #Alfamart dalam menyebarkan informasi tidak benar seperti yang tertera pada gambar berikut ini

Terkait dengan informasi penting serta pemberitahuan lainnya oleh Alfamart HANYA akan diberikan melalui situs dan Akun Media Social resmi yang tertera berikut ini :

- Website Alfamart : www.alfamart.co.id

- Facebook : www.facebook.com/alfamartku,

- Instagram : www.instagram.com/alfamart,

- Twitter www.twitter.com/alfamart,

- Tiktok https://www.tiktok.com/@alfamartku

- Nomor resmi WhatsApp Alfamart 0811- 1500 - 959.

Jika menemukan informasi serupa, Sahabat bisa melakukan konfirmasi kebenaran berita tersebut langsung ke salah satu media resmi yang tertera diatas atau juga dapat menghubungi ALFACARE di nomor telepon 1500 - 959 / email ke alfacare@sat.co.id

Stay Safe, Stay Healthy!" tulis akun Instagram @alfamart.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/ChTrQdDBngf/?hl=id

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar pemilik Alfamart membagikan hadiah mobil untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut nama Alfamart dan Alfamidi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.