Sukses

Ragam Hoaks Seputar Dokter Terawan, Simak Faktanya

Hoaks kerap mencatut nama sejumlah mantan pejabat negara, salah satunya mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama sejumlah mantan pejabat negara, salah satunya mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar dr. Terawan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Dokter Terawan Temukan Obat Penyembuhan Penyakit Mata Tanpa Operasi

Beredar kembali di media sosial postingan yang mengklaim mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan menemukan metode penyembuhan penyakit mata tanpa operasi. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun bernama Dr. Terawan Agus Putranto itu mempostingnya pada 16 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat potongan gambar tayangan Metro TV dan juga dr. Terawan. Postingan itu disertai narasi:

"Jutaan orang telah sembuh dari penyakit mata dengan cara ini. Tanpa operasi, dilakukan di rumah dalam 7 hari."

Selain itu postingan itu juga disertai narasi:

"Ucapkan selamat tinggal sekali dan untuk selamanya pada 9 dari 10 penyakit mata dengan metode baru dari dokter Terawan.👇Klik pada gambar di bawah ini untuk melihat detailnya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan menemukan metode penyembuhan penyakit mata tanpa operasi? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Tunjukkan Menkes Terawan Dapat Piala dari WHO

Beredar di media sosial kabar soal Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan Agus Putranto menerima penghargaan dari WHO. Kabar ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Jeffry TripleSeven di Facebook. Ia mengunggahnya pada Kamis (12/11/2020) pagi. Selain itu postingan serupa juga diunggah oleh akun bernama Satria Bagus dan Konaah.

Dalam postingannya terdapat foto dr. Terawan sedang mengangkat piala dan memegang plakat. Selain itu ia juga menambahkan narasi,

"Piala pengharga'an dari WHO untuk pak Terawan.."

Lalu benarkah dr. Terawan mendapat penghargaan dari WHO? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Menkes Terawan Mundur Karena Najwa Shihab? Simak Faktanya

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mundur karena Najwa Shihab.

Klaim Menkes Terawan mundur karena Najwa diungggah akun Facebook Noufal, pada 2 Oktober 2020.

Unggahan tersebut berupa tautan artikel berjudul "Gara-Gara Najwa, Akhirnya Menkes Terawan Mundur Juga" yang dimuat situs scammer.tekape.id.

Berikut isi artikel tersebut:

"Scammer.Tekape.id_ Pegiat media sosial Denny Siregar kembali membuat pernyataan kontroversial dan menyentil. Bukan tanpa sebab, ia menuliskan hal tersebut dalam akun Facebook.

“Akhirnya malam ini, sesudah dihujat sana-sini, Menkes Terawan mundur juga. Terima kasih Mbak Najwa Shihab,” katanya sebagaimana dikutip di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Dalam postingannya, ia mengunggah tautan Channel Cokro TV yang mengulas siapa, apa, dan bagaimana kiprah Menkes Terawan dalam dunia kedokteran dan bagaimana strateginya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, ia mengaitkan posisi Bahkan, di ujung video, ia seolah mewawancarai Najwa Shihab di kursi kosong. Alhasil, skakmat dilakukan Denny terhadap Najwa. Reaksi netizen pun beragam menyambut unggahan Denny Siregar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memandang model penanganan yang dilakukan Menkes Terawan. Di akhir penjelasannya, ia menyuguhkan adegan kocak di mana “Terawan mundur” usai di-bully dan dipojokkan oleh presenter Najwa Shihab dengan menampilkan adegan video saat menjelang pelantikan dr Terawan sebagai Menteri Kesehatan. Lucunya, video tersebut diputar mundur sehingga Menkes seolah berjalan mundur.

Bahkan, di ujung video, ia seolah mewawancarai Najwa Shihab di kursi kosong. Alhasil, skakmat dilakukan Denny terhadap Najwa. Reaksi netizen pun beragam menyambut unggahan Denny Siregar.

“Emang cuma Najwa yang bisa wawancara kursi kosong? DS juga bisa, demen gue. Mantap DS,” ujar salah satu netizen.

Benarkah Menkes Terawan mundur karena Najwa Shihab? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini