Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Seputar Uang hingga Olahraga

Kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang beredar di media sosial menggunakan isu yang beragam, kondisi ini menuntut kita untuk lebih waspada agar tidak terkecoh dan mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks yang beredar selama sepekan, mulai dari seputar ekonomi hingga olahraga.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

Bank Indonesia Resmi Terbitkan Uang Redenominasi 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Bank Indonesia resmi menerbitkan uang baru redenominasi, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Juli 2023.

Klaim Bank Indonesia resmi menerbitkan uang baru redenominasi berupa tulisan sebagai berikut.

"Kasihan yang nabung pakai uang kertas !!!

#redenominasirupiah

#bankindonesia

#krisisekonomi

------------

Bank Indonesia Resmi menerbitkan Uang baru dgn me-redenominasi atau menyederhanakan 3 angka belakang dimana untuk uang RP1.000 hanya dicetak ditulis dgn angka Rp. 1 saja. 🙏🙏🙏"

Tulisan tersebut disertai dengan video seorang yang sedang bicara dengan narasi sebagai berikut.

"Bank Indonesia resmi mengeluarkan uang baru atau rupiah kertas 1000 hingga Rp100.000 dan hal ini bila di terawang Bank Indonesia tak memasukkan 3 angka nol paling belakang di uang baru tersebut, dalam pecahan 100 ribu misalnya hanya terlihat tokoh Soekarno dan Muhammad Hatta dan angka 100. Begitu juga dengan pecahan lainnya seperti 1.000 2.000 5000 10.000 20.000 dan juga Rp50.000.

Hal itu pun memunculkan wacana redenominasi rencana redenominasi rupiah sebenarnya juga sudah ada sejak akhir tahun 2010 pada tahun 2020 Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia kembali membicarakan rencana redenominasi uang rupiah dan pada rencana tersebut penyederhanaan rupiah dilakukan dengan mengurangi tiga angka nol dibelakang contohnya Rp1.000 hanya menjadi Rp1. Rencana redenominasi kembali dilanjutkan Hal ini tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 77/PMK. 01 /2020 tetang rencana strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020 hingga 2024".

Benarkah klaim Bank Indonesia resmi menerbitkan uang baru redenominasi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

Pendaftaran Bantuan Sosial 2023 Melalui Whatsapp

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim pendaftaran bantuan sosial tahun 2023 bagi masyarakat bisa melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama @berbagirezeki23 mengunggahnya di Instagram. Akun itu mempostingnya pada 2 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video Presiden Jokowi dengan narasi,

"Bagi Bapak/Ibu yang belum mendapatkan Bansos 2023, daftarkan diri kalian di bulan Juni, Juli Agustus."

Postingan itu juga disertai narasi, "hubungi WhatsApp kami yang ingin di bantu 0813-9678-5517".

Lalu benarkah postingan yang mengklaim pendaftaran bantuan sosial tahun 2023 bagi masyarakat bisa melalui Whatsapp?  Simak hasil penelusurannya di sini...

Ketua BEM UI Ditangkap Polri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Ketua BEM UI ditangkap Polri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Juli 2023.

Unggahan klaim video Ketua BEM UI ditangkap Polri menampilkan foto pembuka seorang mengenakan pakaian berwarna kuning sedang bersama seorang menggunakan baju coklat, diantara sejumlah orang memegang kamera video.

Pada gambar tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"GAMPAR SORE INI.!!

DI SAMBUT RIBUAN WARTAWAN

KAPOLRI NEKAT TURUN TANGAN, KETUA BEM UI DITANGKAP"

Kemudian dilanjutkan dengan tayang seorang yang mengenakan baju kuning tersebut sedang berorasi dan diiringi dengan narasi suara seorang perempuan sebagai berikut.

"viral BEM UI ancam Jokowi langsung jadi bulan-bulanan warga net, syahwat kekusaan muncul setelah lihat seniornya nyaleg."

Pada tayangan berikutnya terdapat tayangan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sedang memberikan pernyataan, berikut transkripnya.

"Sedari awal sudah mengingatkan hati-hati kita hidup disebuah negara yang tertib supaya cara bicaranya ditata dengan dengan baik, kan dari awal-awal sudah saya diingatkan kalau tidak nanti akan bisa berurusan dengan Kepolisian akan berurusan dengan Kejaksaan dan seterusnya itu nggak ada bagian dari skenario yang sudah dijalankan oleh pemerintahan nggak. Fenomena sekarang ini seenaknya berbuat sesuatu setelah polri melakukan tindakan minta maaf.

Saya sudah sampaikan kepada kapolri jangan ada lagi minta maaf, tindak saja itu nanti diberi maaf makin nggak tertib negara ini."

Kemudian dilanjutkan dengan tayangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pernyataan, berikut transkripnya.

"Sejak walikota jadi gubernur jadi presiden, itu namanya diejek dicemooh dicaci sudah makanan sehari-hari, biasa. Dan sebetulnya seperti itu kalau saya mau bisa saja itu dipidanakan.

Bisa dipidanakan, ribuan begitu itu kalau saya mau, tapi sampai detik ini hal tersebut tidak saya lakukan. Tapi apapun negara kita ini bangsa yang penuh kesantunan."Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut."Meng3r1kan Pr1ntah Jokowi Ke Kapolri, Detik-detik Ketua BEM UI T1ba Di Bareskrim"

Kemudian tayangan mengulas tentang Ketua BEM UI Melki Sedek Huang dalam video podcast Youtube eks ketum KPK Abraham Samad yang mengkritisi Jokowi.

Benarkah klaim video Ketua BEM UI ditangkap Polri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

Sarung Bermotif Anjing

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kain sarung bermotif anjing, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 April 2023.

Unggahan klaim sarung bermotif anjing berupa video menampilkan sebuah benda berbentuk persegi empat bertuliskan ATLAS Idaman HARMONI.

Kemudian dilanjutkan menampilkan kain dengan corak sosok berkaki empat, bergigi taring dan berbuntut.

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sabagai berikut.

"Assalamuallaikum ibu-ibu solehah, ini kan nanti ada Atlas Harmoni Idaman ya bu ya. Hati-hati ibu-ibu yang nanti mau beli sarung-sarung atau apa, untuk hadiah atau apa, ini tolong ya jangan sampai dibeli. Karena ada gambar seperti ininya, di semua sarungnya. Soalnya kemarin ada orang yang ngasih ya begitu, berapa sarung, ada lima, begitu semua, ada motif anjing di bawah itu. Itu ya syukron.".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Assalamu'alaikum wrwb.

Berhati-hatilah saudara/I ku umat Islam dalam menggunakan kain sarung yang bermotif, perhatikan dengan seksama ketika membeli kain sarung yg bermotif.."

Benarkah klaim sarung bermotif anjing? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini....

 

Jokowi Pecat Moeldoko karena Jadi Beking Ajaran Sesat Al Zaytun

Kabar tentang Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dipecat Presiden Jokowi karena jadi beking ajaran sesat Pondok Pesantren Al Zaytun beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 29 Juni 2023.

Akun Facebook mengunggah video berjudul "BREAKING NEWS JOKOWI USIR MOELDOKO DARI ISTANA, MOELDOKO MENGAKUI JADI BEKING AL ZAYTUN".

Gambar thumbnail video tersebut menampilkan Jokowi, Mahfud Md, Moeldoko, dan Panji Gumilang.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Moeldoko dipecat Jokowi karena jadi beking Ponpes Al Zaytun.

"JOKOWI PECAT MOELDOKO, Merusak Citra Negara Jadi Beking Ajaran Sesat Al Zaytun," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 304 ribu kali ditonton dan mendapat 693 komentar dari warganet.

Benarkah Moeldoko dipecat Jokowi karena jadi beking ajaran sesat Ponpes Al Zaytun? Berikut penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

Asnawi Pindah ke MU dan Elkan Baggot ke Spurs Berkat Erick Thohir

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 1 Juli 2023.

Di dalam unggahannya terdapat video dengan narasi "Transfer mengejutkan; Asnawi ke Manchester united, Elkann bagot ke Tottenham.sampai bikin media Malaysia ir1 atas kinerja Erick Thohir."

Di dalam video itu terdapat narasi yang menyebut disebut Asnawi dan Elkan telah menandatangani kontrak mewah dengan dua raksasa Liga Inggris, MU dan Spurs. Video itu juga menyebut penampilan Asnawi yang brilian membuat banyak klub Eropa tertarik dan MU yang mendapatkannya.

Sementara Spurs merekrut Elkan karena dianggap calon bintang. Video juga mengklaim keduanya pindah karena peran Erick Thohir.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini