Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Asnawi Pindah ke MU dan Elkan Baggot ke Spurs Berkat Erick Thohir

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 1 Juli 2023.

Di dalam unggahannya terdapat video dengan narasi "Transfer mengejutkan; Asnawi ke Manchester united, Elkann bagot ke Tottenham.sampai bikin media Malaysia ir1 atas kinerja Erick Thohir."

Di dalam video itu terdapat narasi yang menyebut disebut Asnawi dan Elkan telah menandatangani kontrak mewah dengan dua raksasa Liga Inggris, MU dan Spurs. Video itu juga menyebut penampilan Asnawi yang brilian membuat banyak klub Eropa tertarik dan MU yang mendapatkannya.

Sementara Spurs merekrut Elkan karena dianggap calon bintang. Video juga mengklaim keduanya pindah karena peran Erick Thohir.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan tidak menemukan informasi valid terkait klaim dalam video tersebut. Isi video hanya menampilkan narasi opini yang disampaikan oleh para pembuat video.

Asnawi Mangkualam sendiri saat ini masih membela klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons FC. Dalam unggahan yang diposting Jeonnam di laman Instagramnya, @jeonnamdragons_fc, Senin (4/7/2023), Asnawi masih ikut dalam soccer clinic yang diadakan klub tersebut.

Selain itu sejauh ini juga belum ada informasi terkait kepindahan Asnawi ke klub lain terutama MU. Klaim itu muncul setelah Asnawi mampu meredam permainan bintang MU, Alejandro Garnacho dalam laga Timnas Indonesia Vs Argentina bulan lalu.

Sementara kabar kepindahan Elkan ke Spurs juga tidak benar. Dalam artikel berjudul "Ipswich Town Bakal Kembali Pinjamkan Elkan Baggott pada Musim Panas 2023" yang tayang di Bola.com pada 2 Juli 2023, Elkan memang akan dipinjamkan ke klub lain, namun belum diketahui.

"Kami sedang melakukan diskusi itu. Saya harus berbicara dengan Elkan awal pekan depan. Jadi, saya tidak akan berbicara terlalu banyak karena ingin berbicara dengan para pemain lebih dulu," kata Kieran McKenna seperti dikutip TWTD.

Manajer Kieran McKenna mengaku ingin meminjamkan Elkan Baggott agar sang pemain mendapatkan pengalaman. Dengan dipinjamkan ke klub lain, Baggott bakal lebih banyak dapat jaminan bermain dan berkembang lebih baik.

"Dia mendapatkan beberapa pertandingan tahun lalu, akan tetapi pada paruh kedua musim tidak sebanyak yang kami inginkan," ucap Kieran McKenna.

"Jadi, ada kemungkinan bagus dia bakal dipinjamkan musim ini untuk mencoba dan menambah pengalamannya. Kemudian mengembangkan kualitas yang dia miliki," tegas manajer asal Inggris itu.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CuN9RvqvEHN/

https://www.bola.com/indonesia/read/5334091/ipswich-town-bakal-kembali-pinjamkan-elkan-baggott-pada-musim-panas-2023

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim Asnawi Mangkualam pindah ke Manchester United dan Elkan Baggot ke Tottenham Hotspur berkat kinerja Erick Thohir adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini