Sukses

Kumpulan Hoaks Buah Nanas Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait khasiat buah yang bisa menyembuhkan penyakit seperti nanas banyak beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar buah nanas bisa sembuhkan penyakit? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Benarkah Nanas 10 Ribu Kali Lebih Ampuh dari Kemoterapi?

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook pesan berantai yang mengklaim bahwa buah nanas 10 ribu kali lebih ampuh dibandingkan dengan kemoterapi dalam mengatasi kanker.

Unggahan tersebut juga menyertakan nama akademisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Malang dan akademisi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jakarta.

Dalam pesan berantai tersebut diklaim nanas lebih ampuh 10 ribu kali dibanding kemoterapi dalam mengatasi kanker.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengumpulkan informasi terkait fakta dari klaim khasiat nanas dalam postingan tersebut yang setelah ditelusuri sebagai mengandung informasi yang salah.

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kanker

Beredar kembali di media sosial postingan yang mengklaim nanas panas bisa membunuh sel kanker. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat video cara pengolahan nanas agar bisa membunuh sel kanker. Yakni dengan memotongnya menjadi tiga bagian lalu dituangkan air panas sehingga menjadi alkali.

Dalam video itu juga disarankan nanas panas diminum setiap hari. Tidak lupa narasi video itu meminta agar metode ini disebarkan ke semua orang.

Akun itu menambahkan narasi "info kesehatan"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim nanas panas bisa membunuh sel kanker? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Jus Nanas, Lobak, dan Kemiri Bisa Sembuhkan Asam Urat

Klaim mengonsumsi nanas, lobak, dan kemiri dijus bersamaan dapat menyembuhkan asam urat beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Juli 2017.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi tentang cara membuat ramuan dari nanas, lobak, dan kemiri sebagai obat penyembuh asam urat.

"SEMBUH TOTAL

Saya pernah mengalami penyakit asam urat dan kolesterol, sampai dua duanya induk jari ngak bisa di tekuk. Setelah diperiksa asam urat sudah diambang batas 8,6. Minum obat segala macam, enakan sebentar kambuh lagi.Nemu resep ini maaf udah lupa dari siapa.

Bahan :

1 buah nenas

1 buah lobak

5 butir kemiri

Semua di jus tanpa campuran gula & susuMinum sekaligus cukup ulangi 1 x 3 bln. Asam urat dan kolesterol hilang selamanya."Berbagi itu indah"

Cat. Jika punya riwayat sakit mag minum setelah makan...!!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 135 ribu kali dibagikan dan mendapat 543 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi jus nanas, lobak, dan kemiri bisa menyembuhkan asam urat? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.