Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Telur Bebek Palsu

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video telur bebek palsu.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video telur bebek palsu, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Januari 2023.

Unggahan klaim video telur bebek palsu menampilkan sejumlah benda berbentuk lonjong memasuki adonan, kemudian video menampilkan benda dengan bentuk yang sama bergulir dari tempat yang lebih tinggi.

Tampilan video berikutnya benda berbentuk lonjong dari tempat berwarna kuning dimasukkan ke dalam adonan berwarna putih oleh sejumlah orang dan benda lonjong tersebut berjalan ke arah yang lebih rendah pada jalur yang telah disediakan.

Di akhir video benda lonjong berbalut adonan dibuka, terlihat benda lonjong transparan dengan bulatan kuning di dalamnya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Telur bebek palsu_🇨🇳"

Benarkah klaim video telur bebek palsu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video telur bebek palsu, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video telur bebek palsu</p>

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "【誤導】人造蛋的生產過程影片?如會進口等說法?實為皮蛋製作過程" yang dimuat situs mygopen.com, pada 15 Maret 2023.

Situs mygopen.com membahas video yang sama dengan klaim. 

<p>Penelusuran klaim video telur bebek palsu</p>

Situs mygopen.com menyebutkan, video yang sama pernah beredar di Thailand beberapa waktu lalu, dan Kementerian Peternakan Thailand juga mengonfirmasi bahwa video tersebut adalah proses pembuatan telur awetan dari telur asli.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan menyatakan bahwa mereka secara rutin memantau kandungan logam berat dan residu obat hewan di telur yang tersedia secara komersial. Tidak ada telur palsu yang ditemukan dalam inspeksi toko, pasar, dan restoran.

Sumber:

https://www.mygopen.com/2023/03/Century-Egg.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video telur bebek palsu tidak benar.

Video yang sama pernah beredar di Thailand beberapa waktu lalu, dan Kementerian Peternakan Thailand juga mengonfirmasi bahwa video tersebut adalah proses pembuatan telur awetan dari telur asli.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini