Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ida Dayak Jadi Trending di TV Arab Saudi usai Sembuhkan Pangeran Arab Saudi

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Viral! Ibu Ida Dayak Trending No.1 di TV Arab Saudi setelah berhasil menyembuhkan pangeran Arab".

Narasi dalam video menyebutkan Pangeran Arab Al-Waleed bin Khaled bin Talal mengalami kemajuan penyembuhan yang sangat pesat setelah diobati Ida Dayak.

Video itu juga mengklaim masyarakat Arab Saudi berbondong-bondong memberikan apresiasi pada Ida Dayak. Selain itu terdapat juga klaim bahwa Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim yang diunggah dalam video namun tidak menemukan informasi yang kredibel di media arus utama manapun.

Video yang diunggah dalam postingan juga tidak menunjukkan bukti bahwa Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi. Postingan video itu hanya berupa potongan foto dan video Ida Dayak serta pangeran Arab Al-Waleed serta Raja Salman yang tidak saling berkaitan.

Seperti diketahui, pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun itu adalah Al-Waleed bin Khaled bin Talal. Ia koma selama lebih dari 17 tahun sejak mengalami kecelakaan mobil tahun 2005 silam.

Al-Waleed merupakan keponakan dari Al-waleed bin Talal, yang merupakan salah satu konglomerat Arab. Dengan kondisinya saat ini, ia mendapatkan julukan 'Pangeran Tidur'.

Kondisi terakhir Al-Waleed pernah disampaikan oleh Putri Rima, bibi dari pangeran itu pada pertengahan tahun 2022. Namun hingga saat ini tidak ada update lagi mengenai kondisi Al-Waleed.

Cek Fakta Liputan6.com kemudian menemukan video berisi klarifikasi dari Ida Dayak perihal isu dirinya menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

Video tersebut berjudul "ibu Ida Dayak klarifikasi" yang diunggah channel YouTube petualang ibu dayak pada 8 April 2023.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Pada menit ke 6 detik ke 28, seorang wanita tengah mewawancarai Ida Dayak perihal kabar telah menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

"Kakak Ida diundang Raja Arab Saudi?" tanya wanita tersebut.

"Ndak, belum," jawab Ida Dayak.

Ida Dayak kemudian menyebut bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Ia tidak pernah bertemu dan menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang koma selama 17 tahun.

"Berita-berita hoaks yang ndak benar itu, yang dibikin2 itu, biarlah ndak apa-apa. Biarlah dia bikin apa terserah aja," ucap Ida Dayak.

Sumber:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5257144/cek-fakta-hoaks-kabar-ida-dayak-sembuhkan-pangeran-arab-saudi-yang-17-tahun-koma

https://www.liputan6.com/global/read/5255054/hoaks-video-ida-dayak-sembuhkan-pangeran-arab-yang-kena-kutukan?

https://www.youtube.com/watch?v=UBoBqM0nTEE

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim Ida Dayak menjadi topik pembicaraan di televisi Arab Saudi setelah menyembuhkan pangeran Arab Saudi adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.