Sukses

Beredar Hoaks Lato-Lato Dimainkan Sejak Era Majapahit, Simak Penjelasan Ahli

Simak fakta dari hoaks lato-lato dimainkan sejak era Majapahit

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar lato-lato beredar di tengah masyarakat seiring dengan kepopuleran permainan tersebut, salah satunya adalah dimainkan sejak era Majapahit. Informasi ini disertai dengan foto arca yang terlihat terdapat dua benda bulat di area sekitar perut.

Keberadaan informasi palsu tersebut tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya. Agar tidak sesat oleh hoaks, sebaiknya kita memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Simak fakta dari hoaks lato-lato dimainkan sejak era Majapahit hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Dosen Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Dr. Siti Maziyah menyatakan informasi arca Majapahit bermain lato-lato dalam foto tersebut tidak benar.

"Tidak benar," kata Siti Maziyah saat berbincang dengan Cek Fakta Liputan6.com, dikutip Jumat (13/1/2023).

Arkeolog Universitas Indonesia Irsyad Leihitu mengungkapkan, dua buah benda bulat tersebut adalah buah zakar yang menjadi bagian dari alat reproduksi lelaki.

"Terkait kabar tersebut (arca Majapahit bermain lato-lato) tidak benar, karena kemungkinan besar itu adalah buah zakar dari Arca Bima," tutur Irsyad saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Irsyad, penggambaran phallus atau penis yang ereksi pada arca-arca dan relief memang sangat umum di masa Majapahit.

"Sebagai contoh bisa dilihat di Candi Sukuh," ucap Irsyad saat berbincang dengan Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.