Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Salju Turun di Ka'bah pada 1 Januari 2023

Beredar video yang diklaim salju turun di Ka'bah pada 1 Januari 2023. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim salju turun di Ka'bah, Makkah, Arab Saudi pada 1 Januari 2023 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Januari 2023.

Video berdurasi 28 detik itu memperlihatkan suasana di sekitar Ka'bah. Sejumlah orang terlihat tengah beribadah.

Pada video, cuaca di sekitar Ka'bah tampak diguyur hujan. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan turunya hujan salju di Ka'bah.

"MasyaAllah Tabarakallah...Baru pertama kali turun Salju di Ka'bah dalam sejarah 1-1-2023. Bismillah semoga bisa berkali-kali dipanggil ibadah ke Baitullah 🤲🤲🥺🥺," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 186 kali ditonton dan mendapat 8 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut salju turun di Ka'bah pada 1 Januari 2023? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim salju turun di Ka'bah pada 1 Januari 2023. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "snow falls on the kaaba" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video Ka'bah turun salju. Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check-Video of snow falling near the Kaaba in Saudi Arabia’s Grand Mosque of Mecca is digitally altered" yang diunggah situs reuters.com pada 4 Januari 2023.

Dalam artikel tersebut dijelaskan video yang diklaim salju turun di Ka'bah ternyata hasil rekayasa digital. Hal ini disampaikan Pusat Meteorologi Nasional Kerajaan Arab Saudi.

"Video bergulir salju yang turun di #Masjid Suci itu tidak benar dan telah diproses dengan efek tambahan," tulis Juru Bicara Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, Hussain Al-Qahtani lewat akun Twitternya.

Sebuah tweet yang diposting di akun terverifikasi Arabia Weather, situs web pelacakan cuaca juga mengklarifikasi video tersebut.

"Video yang beredar berjudul 'Untuk pertama kalinya salju di Makkah Al-Mukarramah 1-1-2023' adalah video yang dimodifikasi secara teknis menggunakan filter, mengetahui bahwa suhu di Mekkah hari ini mencapai 30 derajat Celcius, dan secara iklim tidak siap untuk turun salju," tulis akun Twitter @ArabiaWeatherSA.

 

Referensi:

https://www.reuters.com/article/factcheck-snow-mecca-idUSL1N33O197

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim salju turun di Ka'bah pada 1 Januari 2023 ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut diduga merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.