Sukses

Kaleidoskop 2022: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Masih Marak di Media Sosial

Beberapa kabar palsu atau hoaks masih beredar selama 2022, di antaranya hoaks seputar pembagian hadiah.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi palsu atau hoaks seputar pembagian hadiah masih marak beredar di media sosial. Konten palsu tersebut sering kali mencatut merek dagang ternama maupun artis papan atas.

Si pembuat konten biasanya membuat narasi berisi iming-iming mendapatkan hadiah barang tertentu dan uang tunai jutaan rupiah. Pelaku juga membagikan tautan atau link tertentu dalam konten hoaks yang disebarkan.

Masyarkat yang tergiur diminta mengklik tautan tersebut. Namun, bukannya mendapatkan hadiah, justru mereka menjadi korban penipuan dari konten hoaks tersebut.

Beberapa konten hoaks dengan modus bagi-bagi hadiah perlu diwaspadai, misalnya saja klaim artis Ivan Gunawan bagi-bagi hadiah saat live di Facebook beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan salah satu akun Facebook yang mencatut nama Ivan Gunawan.

Akun tersebut menayangkan video siaran langsung atau live. Kemudian ditambahkan narasi bahwa Ivan Gunawan tengah membagikan hadiah ke penonton.

"🐘 🎀 𝐵𝒜𝒢𝐼 𝐵𝒜𝒢𝐼 𝑅𝐸𝒵𝐸𝒦𝐼 🎀 🐘

🔴Live -Sudah dimulai, saya akan mendonasikan lebih dari 30 juta untuk 300 orang pertama yang menebak dengan benar PERTANYAAN di gambar...?? Terimaksih Silahkan daftarkan diri anda pada tautan di bawah ini.Untuk mengambil hadiah anda.

👇👇👇https://bit.ly/3c9dd67," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 24 ribu kali ditonton dan mendapat 2.300 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang artis Ivan Gunawan bagi-bagi hadiah uang saat live di Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Bagi-bagi hadiah mencatut nama Ivan Gunawan saat live di Facebook diduga modus penipuan.

Selain artis Ivan Gunawan membagikan hadiah uang lewat Facebook, terdapat konten penipuan lain yang marak selama 2022. Berikut rangkumannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Alfamart dan Alfamidi Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta

Kabar tentang Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 14 Agustus 2022 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Djoko Susanto CEO Alfamart & Alfamidi, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 1.900 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, informasi Alfamart dan Alfamidi membagikan uang Rp 13 juta untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut nama Alfamart dan Alfamidi.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 12 halaman

Indomaret Bagi-Bagi Uang Rp 13 Juta Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh akun Facebook yang mencatut nama Indomaret, yakni Indomaret FANS.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klim bahwa Indomaret membagikan uang Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bagi konsumen atau masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, diminta untuk membuka tautan yang mengarah ke akun WhatsApp. Kemudian, mengirimkan pesan "PILIH SAYA" ke akun WhatsApp tersebut.

"Halo Semuanya Saya Antoni Salim CEO indomaret, Sebelum Hari Kemerdekaan tiba kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis 'PILIH SAYA" ! Sebelum tanggal 17 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih! Langsung wa ke admin ya kaka biar bisa kami proses

🎁🥳👇👇👇👇

https://wa.me/message/NP24DP5PJZ5KO1," tulis akun Facebook Indomaret FANS.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 1.400 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, kabar tentang Indomaret membagikan uang tunai sebesar Rp 13 juta untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ternyata tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut diduga merupakan modus penipuan yang mencatut nama Indomaret.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 12 halaman

KFC Bagikan Voucher Rayakan HUT ke 71

Informasi tentang KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut KFC, KFC Fans.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa KFC membagikan voucher yang bisa ditukarkan tiga ember ayam goreng gratis.

Untuk mendapatkan voucher tersebut, masyarakat diminta untuk mengetik "Love KFC" di kolom komentar akun Facebook tersebut. Setelah itu, diminta untuk membuka sebuah tautan.

"Untuk merayakan 71 tahun @KFC, kami mengirimkan kupon kepada mereka yang membagikan dan menulis "Love KFC". Sebelum 5 September jam 4 sore. Setiap voucher dapat digunakan di KFC mana saja untuk mendapatkan tiga ember ayam GRATIS!.2022," tulis akun Facebook KFC Fans.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.400 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, informasi KFC membagikan voucher tiga ember ayam goreng gratis untuk merayakan HUT ke 71 ternyata tidak benar alias hoaks. Pihak KFC Indonesia tidak pernah mengeluarkan program bagi-bagi voucher tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

5 dari 12 halaman

Polytron Bagi-Bagi 670 TV dan Kulkas Gratis Lewat Facebook

Kabar tentang produsen barang elektronik, Polytron membagikan 670 TV dan kulkas gratis beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook yang mencatut nama Polytron, Polytron FANS.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Polytron tengah membagikan TV dan kulkas secara cuma-cuma. Ratusan TV dan kulkas itu diklaim tidak terjual dan mengalami kerusakan ringan tetapi masih berfungsi dengan baik.

Masyarakat yang ingin mendapatkan TV dan kulkas gratis tersebut diminta untuk mengetik "LIKE POLYTRON" di kolom komentar akun Facebook tersebut.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan 670 TV Dan Kulkas yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua Barang berfungsi, jadi kami akan mengirim secara acak kepada seseorang yang menulis "LIKE POLYTRON". sebelum tanggal 25 Agustus.!!" tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook itu telah 523 kali dibagikan dan mendapat 556 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, kabar tentang Polytron membagikan 670 TV dan kulkas gratis lewat Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, Polytron Indonesia tidak memiliki program bagi-bagi TV dan kulkas gratis lewat Facebook.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

6 dari 12 halaman

Volta Bagikan Motor Listrik Gratis Karena Harga BBM Naik

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Volta membagikan motor listrik gratis karena harga BBM yang naik. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 September 2022.

Berikut isi postingannya:

"Dengan harga Bensin yang terus naik, Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan 115 Unit motor listrik yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua motor berfungsi dengan baik, jadi kami akan mengirimkannya secara acak kepada semua orang di facebook yang berhasil menulis "SAYA MAU". Silahkan buka pesan inbox anda,dan ikuti petunujuknyauntuk validasi entri Anda ! sampai tanggal 10 september pukul 4 sore!"

Setelah ditelusuri, postingan yang mengklaim Volta membagikan motor listrik gratis karena harga BBM yang naik adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

7 dari 12 halaman

Hotman Paris Bagi-Bagi Uang Lewat Facebook

Kabar tentang pengacara Hotman Paris Hutapea membagikan uang puluhan juta rupiah lewat Facebook beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Hotman, yakni Hotman Paris Reel.

Akun Facebook tersebut mengunggah beberapa video Hotman Paris. Video itu juga tertulis narasi bahwa Hotman membagikan uang puluhan juta tanpa diundi.

"KHUSUS PENGGUNA BNI, BRI, BCA SAYA TRF 50 JUTA TANPA DIUNDI!!," demikian narasi dalam salah satu video.

"Yang belum di transfer siapa aja nih," tulis akun Facebook Hotman Paris Reel.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 107 kali dibagikan dan mendapat 1.500 komentar dari warganet.

Setelah ditelusuri, informasi Hotman Paris Hutapea membagikan uang lewat Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, Hotman Paris tidak pernah membagikan uang lewat Facebook.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

8 dari 12 halaman

Telegram Bagikan Hadiah Uang Tunai Rp 500 Ribu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Telegram bagikan hadiah senilai Rp 500 ribu. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Telegram bagikan hadiah senilai Rp 500 ribu disebar lewat akun WhatsApp yang mengklaim dari pihak Telegram dengan menyebar informasi seperti berikut.

"𝗔𝘀𝘀𝗮𝗹𝗮𝗺𝘂𝗮𝗹𝗮𝗶𝗸𝘂𝗺 𝗪𝗿. 𝗪𝗯.𝗛𝗮𝗹𝗹𝗼 𝗞𝗮𝗸𝗮.!!

𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘀𝗮𝘆𝗮 @𝗥𝗶𝘇𝗸𝘆𝗮𝗻𝗱𝗿𝗶𝗮𝗻 𝗹𝗮𝗻𝗴𝘀𝘂𝗻𝗴 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗸𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗧𝗘𝗟𝗘𝗚𝗥𝗔𝗠 𝗱𝗶 𝗝𝗮𝗸𝗮𝗿𝘁𝗮,,

🤝𝗦𝗘𝗟𝗔𝗠𝗔𝗧🤝𝗡𝗼𝗺𝗼𝗿 𝗽𝗼𝗻𝘀𝗲𝗹 𝗸𝗮𝗸𝗮𝗸 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝘁𝗲𝗿𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗱𝗶 𝗧𝗘𝗟𝗘𝗚𝗥𝗔𝗠 𝗻𝘆𝗮 𝗺𝗲𝗻𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗮𝗽𝗿𝗲𝘀𝗶𝗮𝘀𝗶 𝗹𝗮𝗻𝗴𝘀𝘂𝗻𝗴 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗸𝗮𝗻𝘁𝗼𝗿 𝗧𝗘𝗟𝗘𝗚𝗥𝗔𝗠.

𝗕𝗲𝗿𝗵𝗮𝗸 𝘁𝗲𝗿𝗶𝗺𝗮 𝗵𝗮𝗱𝗶𝗮𝗵 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀 𝗱𝗮𝗿𝗶𝗧𝗘𝗟𝗘𝗚𝗥𝗔𝗠 𝘀𝗲𝗻𝗶𝗹𝗮𝗶 𝗥𝗽500.000

𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗿𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮 𝗺𝗲𝗻𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗹𝗮𝗴𝗶 𝗽𝗲𝗻𝗴𝗴𝘂𝗻𝗮 𝗮𝗽𝗹𝗶𝗸𝗮𝘀𝗶 𝘁𝗲𝗹𝗲𝗴𝗿𝗮𝗺 𝗸𝗶𝘁𝗮𝗬𝗮𝗻𝗴 𝘀𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗺𝗲𝗻𝗰𝗮𝗽𝗮𝗶 (1𝗠) 𝗽𝗲𝗻𝗴𝗴𝘂𝗻𝗮.!

𝗞𝗶𝘁𝗮 𝘁𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗱𝘂𝗹𝘂 𝘀𝗮𝗺𝗮 𝗸𝗮𝗸𝗮𝗸 𝗶𝗻𝗶, 𝗺𝗮𝘂 𝗺𝗶𝗻𝘁𝗮 𝗱𝗶𝗸𝗶𝗿𝗶𝗺𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗶 𝗻𝗼𝗺𝗼𝗿 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝘁𝗲𝗿𝗱𝗮𝗳𝘁𝗮𝗿 𝗱𝗶 𝘁𝗲𝗹𝗲𝗴𝗿𝗮𝗺 𝗮𝘁𝗮𝘂 𝗱𝗶 𝗻𝗼𝗺𝗼𝗿 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗯𝗲𝗿𝗯𝗲𝗱𝗮.??🙏🏼🙏🏼

-----------------------------------------------

║▌│█║▌│ █║▌│█│║▌║║▌│█║▌│ █║▌│█│║▌║"

Setelah ditelusuri, informasi Telegram bagikan hadiah senilai Rp 500 ribu ternyata tidak benar. Pihak Telegram tidak memberikan informasi dengan pelanggannya lewat WhatsApp.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

9 dari 12 halaman

Ikea Bagikan Lusinan Sofa Gratis Dengan Tulis Warna Favorit di Facebook

Beredar di media sosial Facebook postingan yang menyebut Ikea akan membagikan lusinan sofa secara gratis dengan mengetikkan warna favorit. Postingan ini ramai dibagikan sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya bernama Ikea Fans. Akun itu mempostingnya di Facebook pada 18 September 2022.

Berikut isi postingannya:

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan lusinan kursi sofa yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua berfungsi dengan baik, jadi kami akan kirim secara acak kepada seseorang yang warna Favorit Contoh "Ungu". sampai 21 September Pukul 04 sore!

semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga"

Setelah ditelusuri, postingan yang menyebut Ikea akan membagikan lusinan sofa secara gratis dengan mengetikkan warna favorit di Facebook adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

10 dari 12 halaman

TikTok Bagikan Hadiah Mobil hingga Uang Rp 75 juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta berupa tulisan yang menyatakan nomor WhatApp pengguna mendapatkan hadiah dari TikTok Indonesia, untuk mengambil hadiah tersebut penerima pesan diarahkan untuk mengklik tautan yang tertera dalam pesan tersebut.

Berikut tulisannya.

"------ INFO RESMI -------

Selamat No WhatsAppAnda Mdptkan Hadiah dr TIKTOK INDONESIA ID

Cara pengambilan

Hadiah Cek dilink:

Bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIA"

Ketika tautan tersebut diklik maka mengarah pada halaman situ yang berisi informasi sebagai berikut.

"GIVE AWAY TIKTOK CASH

GALERY PEMENANG HADIAH GIVE AWAY TIKTOK CASH

Disampaikan Kepada Saudara(i) Pemenang yang beruntung mendapatkan Pesan Resmi Undian TIKTOK CASH disertai dengan KODE ID PEMENANG Yang mencantumkan alamat Situs Resmi kami:https://bit.ly/TIK-TOKCASH-INDONESIABerarti Sah selaku pemenang Resmi Hadiah langsung dari TIKTOK CASHSELAMAT... Kepada Para Pemenang Yang beruntung Di Tahun 2022. Silahkan Anda Cocokkan KODE ID PEMENANG Yang Telah Anda Terima melalui Via Pesan Whatsapp Dari TIKTOK CASH Dengan Hadiah Yang Sudah Terterah Di Bawah ini.Jika ada Kesamaan anda Segera Konfirmasi atau Menghubungi Melalui Nomor Yang Telah Tercantum Di Situs ini."

Dalam halaman situs tersebut juga menyertakan hadiah yang bisa didapat mulai dari mobil, motor hingga uang Rp 75 juta. Penerima pesan pun diarahkan untuk melakukan verikfikasi pin pemenang.

Setelah ditelusuri, informasi TikTok Indonesia membagikan hadiah mobil hingga uang Rp 75 juta adalah hoaks. Informasi resmi dari TikTok hanya akan dilakukan atau dibagikan melalui jalur komunikasi resmi dari TikTok Indonesia.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

11 dari 12 halaman

FIFA Bagikan Kuota Internet 50GB Gratis untuk Nonton Piala Dunia Qatar 2022

Kabar tentang federasi sepak bola dunia (FIFA) memberikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 16 November 2022.

Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa FIFA memberikan kuota internet sebesar 50 GB gratis. Untuk mendapatkan hadiah itu, penerima pesan diminta membuka sebuah tautan.

"* FIFA memberi orang-orang di seluruh dunia data 50GB secara gratis untuk menonton Piala Dunia Kartel 2022.*

* Saya Telah Menerima Milik Saya.* * BUKA INI*

https://eco-subsidy.top/datafifa/Hourrow9vb8pf3MuUFUoUm?1668578830514," demikian isi dari pesan berantai tersebut.

Setelah ditelusuri, informasi FIFA membagikan kuota internet 50 GB gratis untuk menonton Piala Dunia Qatar 2022 ternyata hoaks dan diduga modus penipuan. Kabar palsu tersebut juga beredar di negara lain.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

12 dari 12 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.