Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi Hoaks Inul Daratista Bagi-Bagi Uang Tunai Lewat Akun Facebook

Beredar kabar hoaks pedangdut Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pedangdut Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut Inul, Live Inul Daratista.

Akun Facebook tersebut mengunggah video Inul Daratista yang sedang berbicara di depan kamera. Video itu kemudian disandingkan dengan foto wanita yang diduga Lesti Kejora.

Kemudian akun Facebook tersebut mengunggah narasi akan memberikan uang tunai Rp 35 juta jika ada warganet yang bisa menebak luka pada foto tersebut.

"📌Y̲A̲N̲G̲ ̲B̲I̲S̲A̲ ̲M̲E̲N̲E̲B̲A̲K̲ ̲D̲E̲N̲G̲A̲N̲ ̲B̲E̲N̲A̲R̲ ̲LUKA ̲Y̲G̲ ̲A̲D̲A̲ ̲D̲I̲ ̲G̲A̲M̲B̲A̲R̲ ̲A̲K̲A̲N̲ ̲S̲A̲Y̲A̲ ̲T̲R̲A̲N̲S̲F̲E̲R̲ ̲UANG TUNAI.̲ 35 JUTA RUPIAH," tulis akun Facebook Live Inul Daratista.

Konten yang disebarkan akun Faceboook tersebut telah 4.800 kali ditonton dan mendapat 147 komentar dari warganet.

Benarkah Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "inul daratista bagi-bagi hadiah uang" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Nama Inul Daratista di Facebook" yang dimuat situs Liputan6.com pada 4 September 2020.

Dalam artikel tersebut Inul mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membagikan hadiah dan uang tunai lewat sebuah akun Facebook.

"Management Inul dan bu Inul tidak main Facebook dan tidak buat giveaway," kata Inul saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (9/4/2020).

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi Inul Daratista membagikan uang tunai lewat sebuah akun Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Inul Daratista tidak memiliki akun Facebook. Diduga, akun Facebook yang mencatut nama Inul merupakan modus penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.