Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Jual Ginjal Demi iPhone hingga Ganjar Pranowo-Jokowi Maju Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim sejumlah orang rela menjual ginjalnya demi mendapatkan iPhone terbaru. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 September 2022.

Dalam foto tersebut terlihat dua pria dan satu wanita sedang memegang iPhone terbaru. Mereka juga tampak mengangkat baju dan memamerkan bagian perut yang dibalut perban.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar ketiga orang tersebut rela menjual ginjal demi mendapatkan iPhone terbaru.

"JUAL TANAH BUAT BELI IPHONE❎

JUAL GINJAL DEMI BELI IPHONE✅," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 86 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, foto yang diklaim sejumlah orang rela menjual ginjal demi mendapatkan iPhone terbaru ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan sebuah iklan dari klinik kecantikan di Laos.

Klinik bernama Dr Nith Beauty Center itu mengungkapkan bahwa foto tersebut sebenarnya hanya parodi. Mereka bercanda mengatakan, iPhone baru sangat mahal, sehingga mereka harus menjual ginjal ke dokter.

Selain foto sejumlah orang rela jual ginjal demi iPhone, terdapat foto hoaks lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Foto Artikel CNNIndonesia.com Ganjar Pranowo - Jokowi di Pilpres 2024

Beredar postingan foto artikel CNNIndonesia.com dengan gambar Ganjar Pranowo dan Jokowi di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 15 September 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel CNNIndonesia.com berjudul "MK: Presiden Dua Periode Tak Dilarang Maju Cawapres"

Artikel itu disertai gambar Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi dengan narasi "Ganjar-Jokowi, RI1 - RI2 Pilpres 2024".

Akun itu juga menambahkan narasi: "Wis pokoke jos"

Setelah ditelusuri, postingan foto artikel CNNIndonesia.com dengan gambar Ganjar Pranowo dan Jokowi di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya, dalam artikel sebenarnya bukan memakai foto Ganjar Pranowo dan Jokowi.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.