Sukses

Kumpulan Hoaks Televisi Nasional Tak Liput Sebuah Peristiwa, dari Sirkuit Mandalika Tergenang Hingga Demo Kenaikan BBM

Hoaks terkait sebuah peristiwa yang tidak diliput oleh televisi nasional kerap beredar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait sebuah peristiwa yang tidak diliput oleh televisi nasional kerap beredar di masyarakat. Hoaks ini biasanya tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait sebuah peristiwa yang tidak diliput oleh televisi nasional? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Tak Ada Stasiun TV yang Meliput Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Cek Fakta Liputan6.com mendapat klaim tidak ada stasiun TV yang meliput demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kabar tersebut diunggah salah satu aku Facebook, pada 6 September 2022.

Unggahan klaim tidak ada stasiun TV yang meliput demo menolak harga BBM naik tersebut berupa rangkaian video sejumlah orang melakukan aksi demonstrasi di berbagai negara dan wilayah, dalam masing-masing video tersebut terdapat tulisan Belgia, Republik Ceko, Indonesia, Paris, Jakarta.

"Tidak Diliput Media TV Arus Utama

Demo Terjadi dibanyak negara terkait kenaikan harga BBM, Mahalnya biaya hidup, naiknya tarif listrik hingga melambungnya harga pangan."

Benarkah klaim tidak ada stasiun TV yang meliput demo menolak kenaikan harga BBM? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Tidak Ada Stasiun TV yang Meliput Anies Baswedan Pimpin Upacara HUT RI ke-77 di Monas

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim tidak ada media televisi yang meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 Agustus 2022.

Dalam postingannya terdapat berita dari Kompas.com berjudul "HUT ke-77 RI, Gubernur Anies Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Monas".

Akun itu menambahkan narasi,

"Gubernur DKI Anies Baswedan Memimpin pengibaran bendera raksasa merah putih di Monas

media tv tidak ada yang meliput

Merdeka negeri ku"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim tidak ada media televisi yang meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Tak Ada Stasiun Tv yang Memberitakan Genangan Air Sirkuit Mandalika

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 November 2021.

Unggahan klaim tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika berupa video yang menampilkan deretan tenda puting dan terlihat genangan air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "proyek cebong terkini

gk masuk berita tv"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Proyek terbaru sirkuit MANDALIKAcocoknya dibuat tanam padi,ternak kodok biar banyak kecebongnya....."

Benarkah tidak ada stasiun tv yang memberitakan kondisi genangan air Sirkuit Mandalika? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.