Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jokowi Bagikan Kaus Kampanye Terselubung 3 Periode ke Penduduk Ende

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden Joko Widodo atau Jokowi datangi rumah penduduk Ende bagikan kaus kampanye terselubung 3 periode. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 3 Juni 2022.

Unggahan klaim Jokowi datangi rumah penduduk Ende bagikan kaus kampanye terselubung 3 periode menampilkan Jokowi memasuki sejumlah rumah warga dengan memberikan kantung berwarna putih dan merah.

Dalam video terdapat tulisan "MISI JOKOWI" tulisan tersebut meniban tulisan "Biro Pers, Mediam dan Informasi Sekretariat Presiden".

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ūüí•ūüí• Breakingnews

"Diiringi gonggongan Anjing di malam hari yg gelap,bisa2 nya jokowi mendatangi

setiap rumah penduduk di Ende-NTT utk mem-bagi2 kan kaos utk kampanye

terselubung 3 periode,mem-bagi2 kan kaos & bingkisan di malam hari.apakah saran

dari paranormal Jokowi..? Krn aneh jika ada persiden mendatangi rakyat nya di

tengah malam,apa tidk ada waktu siang di wilayah ende..?

Ingat setiap apapun yg akan dibuat persiden ttap di waktu malam hari;

Pengumuman pilpres tengah malam,kenaikan2 BBM tengah malam,

Ini bagi2 kaus tengah malam gulita,

APA AGENDA TUGAS NEGARA KAAH..?? Serem ya persiden kampanye

terselubung,itu curi star Om,mana Polisi niih tangkap pelakunya..? Jgn hanya kaus ny saja yg ditangkap..

Pelaku nya juga...harus ditangkap krn jelas langgar Konstitusi!!!

#Tolak3periode

#rezimGagal

#rezimKorup

#JokowiMundur

#MakzulkanJokowi"

Benarkah klaim Jokowi datangi rumah penduduk Ende bagikan kaus kampanye terselubung 3 periode? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jokowi datangi rumah penduduk Ende bagikan kaos kampanye terselubung 3 periode menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Jokowi malam di ende Biro Pers, Mediam dan Informasi Sekretariat Presiden'. Penelusuran mengarah pada video berjudul "BLUSUKAN MALAM DI ENDE" yang dimuat akun YouTube resmi Presiden Joko Widodo, pada 1 Juni 2022.

Video tersebut identik dengan klaim, diberi keterangan sebagai berikut "BLUSUKAN MALAM DI ENDE".

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Momen Jokowi Kejutkan Warga Gang Kaget di Ende saat Blusukan Malam Hari" yang dimuat situs Liputan6.com, 1 Juni 2022. 

Artikel Liputan6.com menyebutkan, warga gang di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) seketika kaget saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba-tiba mengunjungi rumah mereka, Selasa, 31 Mei 2022 malam.

Saat akan bersiap untuk istirahat, Jokowi tiba-tiba ada di depan pintu rumah mereka untuk memberikan bantuan. 

Malam itu, sekitar pukul 21.00 WITA, di luar agenda yang telah direncanakan, Jokowi mengunjungi beberapa rumah warga di Lorong Winirai Gang Kaget, Kabupaten Ende. Dengan mengenakan jaket merah berlambang G20, Jokowi menyapa langsung para warga dan memberikan bantuan berupa sembako.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Presiden Jokowi Blusukan ke Dapur Warga di Ende, NTT Bagikan BLT #iNewsSiang 02/06" yang diunggah akun YouTube resmi stasiun Tv iNews yaitu Official iNews, pada 2 Juni 2022.

Dalam video yang diunggah indentik dengan klaim, dalam video tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

"Dalam kunjungan kerjanya ke Ende Nusat Tenggara Timur Presiden Joko Widodo menyempatkan diri blusukan ke rumah warga untuk membagikan uang tunai dan sembako, presiden memberikan uang tunai sebesar 5 juta rupiah".

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=JE3K_TQjKvc

https://www.youtube.com/watch?v=dFKId_0wRWY

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Jokowi datangi rumah penduduk Ende bagikan kaos kampanye terselubung 3 periode tidak benar.

Dalam video tersebut Jokowi mengunjungi beberapa rumah warga di Lorong Winirai Gang Kaget, Kabupaten Ende. Dengan mengenakan jaket merah berlambang G20, Jokowi menyapa langsung para warga dan memberikan bantuan berupa sembako.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS