Sukses

Cek Fakta: Hoaks Menutup Lubang Hidung Bisa Mengobati Sakit Kepala dan Vertigo

Beredar klaim menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 12 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim menutup lubang hidung bisa menyembuhkan sakit kepala dan vertigo.

"Yg Punya Vertigo/Sakit Kepala boleh dicoba nih...

MENGOBATI VERTIGO CUKUP dgn LUBANG HIDUNG

👃 Kita memiliki hidung berlubang di sebelah kiri dan kanan, apakah fungsinya sama?

👃 Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan bedanya; sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan panas) dan yg kiri mewakili bulan (mengeluarkan dingin).

🌻Jika SAKIT KEPALA, cobalah MENUTUP Lubang hidung sebelah KANAN, bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh.

🌻Jika merasa LELAH, lakukan sebaliknya. Tutup lubang hidung sebelah KIRI dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasakan segar kembali.

🌻Perempuan bernafas lebih dgn hidung sebelah kiri, sehingga hatinya gampang sekali dingin. Laki-laki bernafas lebih dg hidung sebelah kanan, sehingga gampang sekali marah.

🌻Apakah Anda memperhatikan pada saat bangun, lubang hidung mana yg bernafas lebih cepat? Sebelah kiri atau kanan?

🌻Jika lubang hidung kiri bernafas lebih cepat, Anda akan merasa sangat lelah. Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, Anda akan merasa segar kembali dengan cepat.

🌻Cara tersebut boleh diajarkan kepada anak-anak, tetapi efeknya akan lebih baik diterapkan kepada orang dewasa.

🌻Pada suatu malam, saya duduk menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri. Dalam kurang dari satu minggu, sakit kepala saya sembuh. Saya teruskan melakukannya selama 1 bulan, sejak malam itu sampai sekarang, sakit kepala saya tidak kambuh lagi.

🌻Luar biasa, sungguh sempurnanya pengaturan ciptaan Allâh.

Jika sakit kepala/vertigo melanda tak terhankan, cepat redakan dg 👉 https://bit.ly/3IujXK6

Sambil melakukan langkah diatas dg rutin agar supaya tidak kambuh lagi.

Sumber :

Thibbun Nabawi oleh Imam Ibnul Qoyyim

Insya Allah BERMANFAAT," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun tersebut telah 88 kali dibagikan dan mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH.

Dr Ari mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar alias hoaks. Menurutnya, menutup lubang hidung tidak bisa menyembuhkan sakit kepala dan vertigo.

"Itu hoaks," kata dr Ari kepada Liputan6.com, Rabu (20/7/2022).

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, hal itu tidak bisa menyembuhkan sakit kepala dan vertigo.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.