Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar PLN, dari Seleksi Pegawai sampai Pembagian Uang

Liputan6.com, Jakarta- PT PLN (Persero) menjadi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kerap dijadikan bahan hoaks, mulai dari pembagian uang hingga lowongan kerja.

Untuk membantu masyarakat membedakan informasi salah dan benar seputar PLN yang beredar di media sosial dan aplikasi percakapan, Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar PLN hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Atas kebaradaan hoaks tersebut sebaiknya kita selektif dalam menyaring berita yang akan dipercaya. Pasalnya, informasi palsu tersebut dapat merugikan.

Kita pun bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan informasi yang didapat hoaks atau benar secara mandiri, dengan mengikuti tips yang ada dalam halaman berikut ini.

Simak kumpulan hoaks seputar PLN.

1. Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan PLN Minta Biaya Akomodasi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT PLN (Persero), informasi tersebut beredar di tengah masyarakat.

Surat panggilan seleksi karyawan PLN tersebut terdapat 5 lembar, lembar pertama disertai kepala surat mengatasnamakan PT Perusahaan Listrik Negara yang disertai logo perusaan tersebut dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang ditujukan kepada para calon Karyawan BUMN PT. PLN (persero)

Pada lembar pertama tersebut terdapat pernyataan kelulusan mengikuti seleksi rekrutmen karyawan tahap berikutnya dan jadwal tahapan seleksi mulai pada 11 sampai 13 Juli 2022.

Berikutnya di lembar kedua dan ketiga terdapat 90 nama calon karyawan yang dinyatakan lulus untuk mengikuti seleksi.

Pada lembar keempat, para calon karyawan diarahkan untuk segera konfirmasi kesediaan atau ketidak bersediaan untuk mengikuti proses seleksi tersebut dengan mengirim format sebagai berikut.

PLN - NAMA/NO.TES - HADIR/TIDAK

Untuk konfirmasi kehadiran para peserta diarahkan untuk mengirim pesan singkat ke nomor +62 852-5565-6908 atas namaKetua Tim Recruitment Drs.Albertus Noach Alexander Ansanay. M.Ak.

Masih dalam lembar tersebut, peserta diminta untuk membayar biaya akomodasi saat tes, biaya tersebut nantinya akan diganti oleh pihak PLN.

Pada lembar kelima, terdapat formulir registrasi untuk reservasi tiket transportasi dan registrasi kartu peserta tes interview.

Benarkah surat pemanggilan seleksi calon karyawan PLN? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

PLN Bagikan Subsidi Listrik Sebesar Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"tertiaryparasite.top/pln-76th/tb.php?gjbymmab1651271074345"

Jika tautan tersebut diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut

"Congratulations!

PLN Government Electricity Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

PLN Ulang Tahun ke-80 Bagikan Uang Rp 2 Juta

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta dalam merayakan ulang tahun ke-80. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta dalam merayakan ulang tahun ke-80 yang dibagikan berupa sebuah tautan yang mengarah pada situs berisi pengumuman berikut:

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta untuk merayakan ulang tahun ke-80</p>

Kemudian situs tersebut memberikan sejumlah pertanyaan yang membuat kita harus mengisi identitas.

Benarkah informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta untuk merayakan ulang tahun ke-80? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS