Sukses

Cek Fakta: Hoaks Gambar Kotak Sereal Bernama Cocopox

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto beredar di media sosial postingan berisi gambar kotak sereal yang bernama "Cocopox". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Twitter. Akun itu mempostingnya pada 22 Mei 2022.

Dalam unggahannya terdapat gambar sereal dengan nama "Coco Pox" dan di atasnya terdapat tulisan Schwabs.

Selain itu terdapat unggahan lain di Facebook dengan gambar yang sama disertai narasi:

"And in breaking news, the WEF have just released their new breakfast cereal to the market. Schwabs himself is happy to put his name to this product and it is said to be just like a c0v1d crisis but with blisters. There is some concern that the product sales may over shadow the upcoming supply of high protein Cricket products that they have in mind to replace meat, but the opportunity to release this product onto the market was just too good to resist. Bill Gates is reportedly rubbing his hands in glee whilst smiling upside down."

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia:

"Dan dalam berita terbaru, WEF baru merilis sereal sarapan mereka ke pasar. Schwabs sendiri dengan senang hari menaruh namanya pada produk tersebut dan dijelaskan bahwa sama halnya dengan krisis covid, tapi dengan luka melepuh. Terdapat kekhawatiran penjualan produk tersebut akan mengalahkan produk Cricket tinggi protein yang akan datang berupa penggantian daging, tetapi kesempatan untuk merilis produk ini ke pasar terlalu baik untuk dilawan. Bill Gates dilaporkan sedang mengusap tangannya sambil tersenyum terbalik."

Lalu benarkah postingan berisi gambar kotak sereal yang bernama "Cocopox"?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan Google Reverse Image. Dari hasil penelusuran ternyata didapat bahwa gambar tersebut merupakan hasil suntingan.

Produk aslinya sendiri merupakan produk sereal milik perusahaan makanan, Kellogg's. Produk asli sereal sendiri bernama "Coco Pops".

<p>Cek Fakta gambar sereal Coco Pops</p>

 

Terkait narasi yang menyebutkan WEF (World Economic Forum) adalah yang menjual produk tersebut adalah tidak benar. Pasalnya WEF sendiri merupakan lembaga yang tidak pernah merilis produk apapun.

Pencantuman nama Schwabs pada foto tersebut dimaksudkan bahwa produk tersebut diproduksi oleh Charles Schwabs, broker terbesar yang juga perusahaan yang bergerak di bidang finansial.

Sumber:

https://www.kelloggs.co.uk/en_GB/brands/coco-pops-.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan berisi gambar kotak sereal yang bernama "Cocopox" adalah hoaks.

(Penulis: Viona Pricilla)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.