Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Deretan Gambar Ini Sponsor Untuk Formula E Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan gambar terkait deretan sponsor untuk Formula E Jakarta. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 April 2022.

Dalam postingannya terdapat gambar sebagai berikut:

<p>Cek Fakta Sponsor Formula E Jakarta</p>

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Akhirnya muncul juga sponsornya

- Abu Tours

- First Travel

-212 MART…"

Lalu benarkah postingan gambar yang disebut deretan sponsor untuk Formula E Jakarta?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bahwa gambar yang beredar merupakan hoaks. Gambar yang terdapat dalam postingan merupakan plesetan dari nama produk ternama.

Terkait sponsor Formula E Jakarta, terdapat artikel dari Tempo.co berjudul "Bank Swasta dan Beberapa Perusahaan Sponsori Formula E Jakarta" yang tayang 15 Mei 2022.

Berikut isi artikelnya:

"TEMPO.CO, Jakarta - Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan, telah mendapatkan sponsor yang mendukung penyelenggaraan balap mobil listrik di Ancol pada 4 Juni 2022. Meski begitu, Gunung belum mau menyebutkan rincian nama perusahaan yang bersedia menjadi sponsor itu.

Dia juga belum mau menyebutkan secara pasti berapa jumlah sponsor yang sudah masuk. "Sponsorship sudah ada. Ada beberapa," kata dia saat dihubungi, Ahad, 15 Mei 2022.

Gunung mengakui, salah satu sponsor acara itu berasal dari bank swasta. Namun, dia menekankan, sponsor yang telah masuk tidak hanya berasal dari bank swasta, melainkan juga ada dari perusahaan lain. "Tidak hanya bank swasta, ada beberapa perusahaan lain," ucap Gunung.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan tak mengetahui masalah pencarian sponsor Formula E. Pemerintah DKI telah menyerahkan urusan sponsor sepenuhnya kepada panitia pelaksana Jakarta E-Prix 2022. "Kami Pemprov tidak mencampuri secara teknis, apalagi detail begitu," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis malam, 12 Mei 2022.

Formula E bakal digelar di Ibu Kota pada 4 Juni 2022. Panitia pelaksana yang dipimpin anggota DPR Ahmad Sahroni sudah membuka penjualan tiket sejak 1 Mei 2022. Namun, hingga kini panitia atau PT Jakarta Propertindo (Jakpro) belum mengumumkan sponsor balap mobil listrik internasional itu. Pemerintah DKI memastikan gelaran Formula E tak akan menggunakan APBD DKI, tapi sponsor dari pihak ketiga.

Wagub DKI itu mengatakan urusan sponsor Formula E hingga penjualan tiket adalah tanggung jawab PT Jakpro. Bagi pemerintah DKI, yang terpenting perhelatan Jakarta E-Prix berjalan sesuai aturan."

Sumber:

https://metro.tempo.co/read/1591778/bank-swasta-dan-beberapa-perusahaan-sponsori-formula-e-jakarta/full&view=ok

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan gambar yang disebut deretan sponsor untuk Formula E Jakarta adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.