Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video yang Diklaim Cara Meretas Akun WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video berisi tata cara meretas akun WhatsApp seseorang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun TikTok pada 10 Maret 2022 lalu.

Video berdurasi 16 detik itu menampilkan klaim cara meretas akun WhatsApp. Pengguna diminta masuk ke menu 'setelan', kemudian pilih 'bantuan' dan diminta memasukkan nomor telepon yang ingin diretas akun WhatsAppnya ke kolom 'hubungi kami'.

"sad bangetđŸ„șđŸ„ș," tulis salah satu akun TikTok.

Konten yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 527 ribu kali disukai dan mendapat 3807 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan cara meretas akun WhatsApp? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video berisi tata cara meretas akun WhatsApp. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "video meretas akun whatsapp" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Video Misinformasi Tentang Cara Meretas Akun WhatsApp Viral di TikTok, Begini Penjelasannya" yang dimuat situs liputan6.com pada 17 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Video yang menampilkan 'cara meretas akun WhatsApp seseorang' viral di TikTok. Video yang diunggah oleh akun @lyanasyg itu menampilkan bagaimana cara meretas akun WhatsApp seseorang melalui menu 'Hubungi Kami'.

Terkait video itu WhatsApp menegaskan bahwa video yang diunggah sejak seminggu lalu itu tidak benar atau misinformasi.

"Rumor ini tidak benar. WhatsApp berkomitmen untuk melindungi privasi pesan pribadi dan keamanan pengguna, sehingga kami tidak akan membangun fitur yang membahayakan komitmen tersebut," kata Juru Bicara WhatsApp kepada Tekno Liputan6.com via email, Kamis (17/3/2022).

WhatsApp menjelaskan, menu 'Hubungi Kami' yang ditampilkan dalam video adalah cara bagi pengguna untuk menghubungi WhatsApp, berbagi, dan menjelaskan masalah yang mungkin mereka miliki di dalam aplikasi.

"Dengan demikian, pengguna dapat menerima dukungan di dalam aplikasi dengan masuk ke Pengaturan/Setelan > Bantuan > Hubungi Kami," papar WhatsApp melanjutkan

Saat pengguna menghubungi kami dengan pertanyaan, Tim Dukungan WhatsApp dapat berkomunikasi dengan pengguna melalui email atau di utas obrolan.

Perlu dicatat, Tim Dukungan WhatsApp hanya akan menghubungi kamu dari alamat email dengan akhiran @support.whatsapp.com atau @in.whatsapp.com.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim berisi tata cara meretas akun WhatsApp ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, WhatsApp berkomitmen untuk melindungi privasi pesan pribadi dan keamanan pengguna.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS