Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Air Rebusan Daun Sirih Bisa Sembuhkan Katarak

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu terdapat informasi terkait air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan katarak. Informasi ini dibagikan oleh salah satu akun di Facebook yang mendapatkan 52 likes dan 4 kali dibagikan.

Berikut adalah narasi yang dipaparkan akun Facebook tersebut.

"Benar-Benar Luar Biasa! Hanya Dengan Rebusan Daun Ini Bisa Sembuhkan Katarak 10 Tahun

Penyakit mata katarak menurut para ahli kesehatan dunia, tergolong dalam penyakit mata paling berbahaya di dunia, karena penyakit mata kata katarak ini penyumbang terjadi kebutaan terbesar di dunia.

Mata adalah suatu pemberihan tuhan kita yang sangat istimewa, karena dengan adanya bola mata kita dapat melihat macam-macam indahnya dunia dan kita bisa berinteraskis dengan mudah ke sasama manusia. Tapi jika mata kita mengalami gangguan kesehatan mata yang serius seperti katarak, maka keindahan dunia yang Anda lihat akan menjadi terganggu atau menjadi tidak jelas, karena adanya kabut atau gumpalam putih yang ada pada lensa mata Anda.

Sebenarnya untuk menyembuhkan mata katarak dengan cepat adalah dengan salah satunya dengan melakukan operasi mata katarak, tapi kini banyak orang enggan melakukan operasi mata katarak karena biaya operasi mata kataranya mencapai puluhan juga untuk satu mata saja, dan ada juga orang yang mampu melakukan pembayaran opeasi mata katarak, tapi dia takut untuk melakukan operasinya.

Perlu anda ketahui, apabila mata katarak Anda tidak segera mendapatkan penanganan atau pengobatan yang cepat dan serius, maka lama kelamaan anda akan mengalami kebutaan.

Kini katarak dapat diobati secara perlahan dan mencegah katarak menjadi lebih parah dengan menggunakan ramuan tradisional alami indonesia yaitu dengan menggunakan tumbuhkan daun sirih merah atau rebusan daun sirih merah .

Daun sirih merah sebenarnya sudah sejak lama sebagai obat alami yang memiliki khasiat mampu menyembuhkan katarak secara perlahan dan mencegah terjadi keparahan katarak kepada kebutaan.

Daun Sirih merah ini emang sangatlah langka kita temui, terutama orang-orang berada di perkotaan dan orang-orang di pedesaaapun sulit untuk menemukan daun sirih merah ini.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli dari china dengan menggunakan teknologi canggih meniliti daun sirih merah ini. Bahwa daun sirih merah ini mampu juga mengobati katarak lebih cepat dari daun sirih berwarna hijau, dan kelebihan lainya itu mampu mencegah terjadi penuaan bola mata, menenangkangkan syaraf-syaraf didalam bola mata yang tegang.

Cara Mengobati Mata Katara Dengan Daun Sirih Merah

Cara pertama

Ambil 10 – 20 lembar daun sirih , lalu cuci dengan bersih dengan air mengalir

> Panaskan Air sebanyak 400 Ml ( 4 Gelas )

> Setelah Air Agak Mendidih, Masuk Semua Daun Sirih Yang sudah dicuci tadi

> Tunggu sampai air rebusan menjadi warna berubah menjadi hijau

> Setelah Air Rebusan Berubah Warna, Lalu Tiriskan Kedalam Gelas

> Lalu Dekatkan Air Tadi Kedekat Mata Supaya Uapnya Masuk Kedalam Bola Mata

> Ingat cairan tersebut tidak boleh diminumCara Kedua Ambila 20 Daun Sirih , Cuci Sampai Bersih Dengan Air Mengalir

> Lalu Tumbuh Secara Merata / Diremas

> Apabila Daun Sirih Sudah Ditumbuk Secara Merata

> Simpan Tumbukan Daun Sirih Dibawah Bola Mata Anda, Supaya Bau Dari Dauh Sirih Masuk Kedalam Mata

> Jangan Ditempel langsung ke bola mata yaah.Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan saudara Anda yang matanya terkena katarak. Semoga lekas sembuh. AMIN!

Dian lestari

Distributor resmi NASA

Crystal-X wa 087783075082"

Lalu, benarkah air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan mata katarak? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tersebut dengan menghubungi dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM (K) dari Jakarta Eye Center. Dr Budi menyebutkan, belum ada penelitian mengenai air rebusan daun sirih untuk menyembuhkan mata katarak.

"Sampai saat ini tidak ada daun-daunan yang digunakan untuk menyembuhkan katarak," kata dr Budi kepada Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Sementara itu, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel yang berjudul "Bahaya Air Sirih untuk Mata Menurut Dokter Spesialis, Bisa Alami Iritasi dan Kebutaan" yang dimuat situs Liputan6.com pada 22 November 2020 lalu.

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa air daun sirih dan tanaman sejenis lainnya tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan katarak. 

"Buat kamu yang masih menggunakan rendaman air sirih atau bunga-bungaan lainnya untuk mengobati mata, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Karena jika kornea kamu luka disiram air rendaman tersebut maka dapat menimbulkan pertumbuhan jamur di matamu," kata dr Ferdiriva Hamzah, dokter spesialis mata di RS Mata Jakarta Eye Center (JEC).

Dirinya juga mengatakan sudah banyak korban dari informasi yang salah terkait air sirih untuk mata, bahkan hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi terkait air rebusan daun sirih untuk menyembuhkan mata katarak adalah tidak benar. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.