Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pertamina Bagikan Cek Dana Bansos Rp 150 Juta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta mencantumkan tautan yang menggiring penerima pesan untuk membukannya.

Berikut informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta:

“Ass…

Selamat Anda M-dapatkan

Dana Bantuan Bansos

Dari My pertamina pusat

Bantuan Cek 150jt

PIN(da25e77)

Verifikasi Kode:

www.danabansosper-tamina.cf”

Benarkah informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 juta, sebelumnya Pjs Vice President Corporate Communcation Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, informasi hadiah, undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email itu tidak benar.

"Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk hoaks maupun penipuan yang mengatasnamakan Pertamina," kata Fajriyah saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Fajriyah, seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun sosial media @pertamina serta aplikasi resmi MyPertamina atau atau Pertamina Call Center 135.

Dikutip dari pengumuman "Waspada Penipuan" yang dimuat situs resmi pertamina.com menyebutkan, pemberian hadiah dan uang sering diterima melalui pesan singkat dan/atau e-mail yang mengaku dari Pertamina, Indonesia.

Informasi modus penipuan tersebut menyatakan bahwa penerima pesan tersebut telah memenangkan promo undian berhadiah dan program sejenis yang dikeluarkan PT Pertamina (Persero), dan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengirimkan uang agar mendapatkan hadiah tersebut.

Mohon diketahui bahwa PT Pertamina (Persero) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms.

 

Sumber:

https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Pertamina bagikan cek dana bansos sebesar Rp 150 miliar tidak benar.

Informasi hadiah, undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email itu tidak benar.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.