Sukses

Deretan Hoaks Seputar Lionel Messi: Bursa Transfer Hingga Solidaritas ke Palestina

Lionel Messi merupakan salah satu pesepak bola dunia terbaik saat ini. Namun hoaks pun tak luput menyerangnya di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi merupakan salah satu pesepak bola dunia terbaik saat ini. Namun hoaks pun tak luput menyerangnya di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Lionel Messi? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini 300 Ribu Fans Rayakan Transfer Messi ke PSG

Sebuah foto yang diklaim 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke Paris Saint Germain (PSG) beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia pada 10 Agustus 2021.

Dalam foto tersebut, tampak kerumunan orang memadati sebuah tempat. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan 300 ribu fans merayakan transfer Lionel Messi ke PSG.

"300.000 fans berkumpul di Paris untuk merayakan transfer Messi ke PSG," tulis akun Facebook Barcelona News Indonesia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Barcelona News Indonesia telah 1.700 kali dibagikan dan mendapat 3 ribu komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan kerumunan fans yang merayakan transfer Lionel Messi ke PSG? Simak dalam artikel berikut ini...

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Selanjutnya

2. Cek Fakta: Benarkah Foto Lionel Messi Tanda Tangani Kontrak dengan Klub Kolombia?

Ribuan orang di Facebook dihebohkan dengan foto kapten Timnas Argentina, Lionel Messi yang disebut sudah mendapat klub baru. Disebutkan juga pemain berusia 33 tahun itu resmi meninggalkan klubnya, Barcelona.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Facebook yang mengunggah foto Lionel Messi sedang menandatangani kontrak dari klub asal Kolombia, Atletico Nacional.

Dua akun yang mengunggah foto Lionel Messi dengan klub barunya adalah Muyfrio dan Atlético nacional una sola pasión. Berikut narasi yang diberikan dalam foto Messi resmi bergabung dengan Atletico Nacional.

"Yes! Sudah menjadi kenyataan!! Lionel Messi baru saja menandatangani kontrak 3 tahun dengan Atletico Nacional".

Lalu, benarkah Lionel Messi sudah menandatangani kontrak tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Solidaritas untuk Wartawan Palestina, Ronaldo dan Messi Tutup Mata Kiri?

Pada 18 November 2019, akun Facebook Jacky Laleno Marvin mengunggah sejumlah foto, salah satunya kolase beberapa pemain sepak bola top dunia yang menutup mata kiri mereka dengan perban.

Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo dan pemain tenar asal Argentina Lionel Messi termasuk di antaranya. Juga Mohamed Salah, Paul Pogba, Sergio Ramos, Luka Modric, Neymar, dan Zlatan Ibrahimovic.

Selain mengunggah gambar, akun tersebut juga menambahkan narasi dalam unggahannya.

Berikut isinya:

"AKSI SOLIDARITAS TUTUP MATA KIRI DI PALESTINA.

Sejumlah Bintang Sepak Bola Dunia Menutup Sebelah Matanya Sebagai Aksi Solidaritas Untuk Wartawan Gaza Muaz Amarineh Yang Di Tembak Mata Kirinya Oleh Sniper Israel....Sejumlah wartawan Gaza gelar aksi solidaritas untuk Muaz Amarineh yang ditembak sniper pasukan Israel saat meliput demonstransi di Khalil, Tepi Barat....Kami INDONESIA MENDO'AKAN setulus hati untuk kalian ♥️🇵🇸"

Sejak kalo pertama dibagikan di Facebook, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 285 kali dan mendapat 13 komentar.

Benarkah para bintang sepak bola dunia menutup sebelah matanya sebagai bentuk solidaritas terhadap wartawan Palestina? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.