Sukses

Cek Fakta: Informasi Lowongan Kerja PT INTI dari Akun Medsos Ini Tidak Benar

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari akun Instagram @ptinticareer.official

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari  akun Instagram @ptinticareer.official beredar di tengah masyarakat

Akun Instagram @ptinticareer.official memuat informasi tentang perusahaan PT INTI (Persero). termasuk lowongan kerja.

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat panggilan seleksi calon karyawan PT Inti (Persero)

Informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari akun Instagram @ptinticareer.official? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari akun Instagram @ptinticareer.official, berdasarkan keterangan resminya PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI(Persero) menginformasikan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap akun media sosial yang membuka lowongan pekerjaan atas nama PT INTI (Persero) dengan modus penipuan.

Aksi penipuan yang menggunakan akun Instagram bernama @ptinticareer.official tersebut menginformasikan lowongan pekerjaan yang mempersyaratkan para pelamar untuk mengirimkan uang dalam nominal biaya tertentu sebelum menjalani proses seleksi.

Akun palsu @ptinticareer.official itu juga secara aktif mengambil dan mempublikasikan kontenresmi Perusahaan agar akun tersebut terlihat meyakinkan.

“Kami mengimbau masyarakat dan para pencari kerja untuk lebih teliti dan berhati-hati terhadap akun palsu yang mengatasnamakan sebuah Perusahaan. PT INTI (Persero) hanya menginformasikan lowongan pekerjaan beserta setiap proses rekrutmennya melalui akun resmi @ptintiofficial pada Twitter, Instagram, dan Facebook Fanpage, serta websitewww.inti.co.id.

Selain itu, PT INTI (Persero) pun tidak memungut biaya dalam setiap prosesrekrutmen,” papar Vice President Sekretaris Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT INTI(Persero) Rizqi Ayunda Pratama, Kamis (19/08).

PT INTI (Persero) pun mengimbau agar masyarakat dapat mengkonfirmasi dan melaporkan melalui direct message (DM) akun resmi Instagram @ptintiofficial apabila menemukan akunakun penipuan yang mengatasnamakan PT INTI (Persero). Masyarakat juga dapat ikutberkontribusi mencegah aksi penipuan lainnya dengan ikut melakukan report account atas akun penipuan tersebut. Selain itu, lanjut Rizqi, Perusahaan berharap agar masyarakat dapatterlebih dahulu memeriksa kebenaran informasi melalui kanal-kanal resmi PT INTI (Persero) yang tersedia, baik melalui website dan akun-akun media sosial.

“Mari lebih berhati-hatidalam beraktivitas di media sosial karena PT INTI (Persero) tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut,” ucapnya.

 Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Waspada Penipuan Lowongan Kerja BUMN PT INTI" yang dimuat situs liputan6.com, pada 19 Agustus 2021. Artikel situs liputan6.com menyebutkan, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI (Persero) menginformasikan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap akun media sosial yang membuka lowongan pekerjaan atas nama PT INTI (Persero) dengan modus penipuan.

Vice President Sekretaris Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT INTI (Persero) Rizqi Ayunda Pratama , menyebut akun palsu @ptinticareer.official itu juga secara aktif mengambil dan mempublikasikan konten resmi Perusahaan BUMN tersebut agar akun tersebut terlihat meyakinkan.

“Kami menghimbau masyarakat dan para pencari kerja untuk lebih teliti dan berhati-hati terhadap akun palsu yang mengatasnamakan sebuah Perusahaan. PT INTI (Persero) hanya menginformasikan lowongan pekerjaan beserta setiap proses rekrutmennya melalui akun resmi @ptintiofficial pada Twitter, Instagram, dan Facebook Fanpage, serta website www.inti.co.id. Selain itu, PT INTI (Persero) pun tidak memungut biaya dalam setiap proses rekrutmen,” kata Rizqi, Kamis (19/8/2021).

PT INTI (Persero) pun mengimbau agar masyarakat dapat mengkonfirmasi dan melaporkan melalui direct message (DM) akun resmi Instagram @ptintiofficial apabila menemukan akun-akun penipuan yang mengatasnamakan PT INTI (Persero).

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi lowongan kerja PT INTI (Persero) dari akun Instagram @ptinticareer.official tidak benar.

PT INTI(Persero) menginformasikan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap akun media sosial yang membuka lowongan pekerjaan atas nama PT INTI (Persero) dengan modus penipuan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.