Sukses

Cek Fakta: Hoaks Honda Bagi-Bagi Hadiah Rayakan HUT ke-70

Beredar kabar hoaks Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70 beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada 15 Agustus 2021.

Penerima diminta untuk menglik tautan yang ada dalam pesan tersebut. Ketika diklik muncul pemberitahuan untuk mengisi survei dan pihak Honda sudah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang.

"Honda 70th Anniversary!🎊

Today, you have been chosen to participate in our survey. It will only take you a minute and you will receive a fantastic prize!

Each week we randomly choose 100 users to give them a chance to win amazing prizes. Honda Vision! There will be 100 lucky winners.

This survey aims to improve the quality of service for our users and your participation will be rewarded 100%.

You only have 3 minutes and 00 seconds to answer this survey!

Hurry up, the number of prizes available is limited!" demikian isi dari situs tersebut.

Benarkah Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70? Berikut penelusurannya.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect, Motor Yusak Billy.

Yusak mengatakan bahwa kabar tentang Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70 adalah hoaks.

"Tidak benar," ucap Yusak kepada Liputan6.com, Minggu (15/8/2021).

Yusak memastikan bahwa pesan berantai itu bukan berasal dari Honda. Ia meminta masyarakat untuk tidak menanggapi dan merespons pesan berantai tersebut.

"Itu sepertinya spam dari luar negeri. Harap diabaikan," ucap Yusak.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Honda membagikan hadiah dengan cara mengisi survei sebagai perayaan HUT ke-70 ternyata tidak benar alias hoaks. Pesan berantai itu bukan berasal dari Honda.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.