Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Lulu Hypermarket Bagikan Hadiah Rayakan Hari Jadi ke-20

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah dari Lulu Hypermarket. Pesan berantai itu ramai dibagikan melalui sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai disebutkan bahwa Lulu Hypermarket sedang merayakan hari jadi ke-20. Mereka membagikan sejumlah hadiah smartphone Huawei.

Namun untuk mendapatkan hadiah itu masyarakat harus membuka website tertentu yang disertakan dalam pesan berantai itu.

Lalu benarkah Lulu Hypermarket sedang mengadakan program membagikan hadiah dalam rangka perayaan hari jadi ke-20 tahun?

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Lulu Hypermarket di Instagram, @lulustoreindonesia. Dalam postingannya pada 15 Juli 2021 terdapat bantahan untuk pesan berantai itu.

"Dear pelanggan setia LuLu Hypermarket Indonesia,

Waspada akan penipuan yang mengatasnamakan LuLu Hypermarket Indonesia seperti ini ya moms! Cek terlebih dahulu link yang diberikan kepada kamu. LuLu Hypermarket hanya memiliki satu link official :https://indonesia.luluypermarket.com/ID.

Semua informasi resmi terkait promo kami dapat kamu lihat di website resmi kami, serta media sosial resmi kami. Kami tidak pernah meminta informasi mengenai akun bank maupun nomor kartu kredit, melalui website lain maupun link mencurigakan lainnya.

Pastikan kamu tidak terjebak skema penipuan seperti ini ya moms!"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by LuLu Hypermarket ID (@lulustoreindonesia)

Selain itu terdapat pula terdapat pula bantahan resmi dari manajemen Lulu Group yang dilansir dari SaudiGazette. Berikut isinya:

"Situs web palsu dengan kampanye penipuan sedang beredar di platform media sosial.

Situs web ini memikat orang dengan: penawaran 'Perayaan Ulang Tahun LuLu Hypermarket ke-20' dan memiliki serangkaian kuesioner dan menjanjikan ponsel sebagai hadiah.

Sangat disayangkan bahwa penipu seperti itu terus datang kembali dengan trik baru. Kami telah memberi tahu otoritas terkait tentang masalah ini.

Kami mendesak semua pembeli setia kami di seluruh dunia untuk tidak tertipu oleh kampanye dan situs web palsu tersebut.

Selain itu, kami ingin meminta pelanggan kami untuk tidak pernah membagikan detail pribadi, rekening bank, atau nomor kartu kredit apa pun di situs web tersebut atau tautan mencurigakan lainnya.

Kami ingin menegaskan kembali bahwa semua penawaran asli kami hanya diposting di akun media sosial dan situs web resmi kami.

Direktur Global — Pemasaran & Komunikasi Grup Lulu"

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CRVUTCpJH_X/

https://saudigazette.com.sa/article/608836/BUSINESS/Fake-News-Clarification

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang mengklaim Lulu Hypermarket sedang mengadakan program membagikan hadiah dalam rangka perayaan hari jadi ke-20 tahun adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini