Sukses

Cek Fakta: Pria yang Baca Alquran dalam Video Ini Bukan Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pemain sepak bola Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Dika Riansyah pada 24 Mei 2021.

Dalam video berdruasi 25 detik, tampak seorang pria tengah duduk di lantai sambil membaca kitab suci alquran. Pria dalam video tersebut kemudian dikaitkan dengan sosok Cristiano Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo baca Alquran 😍," tulis akun Facebook Dika Riansyah.

Video yang disebarkan akun Facebook Dika Riansyah telah 92 kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai sosok pria yang tengah membaca alquran dalam video tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Cristiano Ronaldo Pernah Baca Alquran di Masjid Birmingham? Ini Fakta Sebenarnya!" yang dimuat situs bola.okezone.com pada 23 Juni 2021.

BEREDAR video Cristiano Ronaldo sedang membaca Alquran. Dalam caption yang ditulis di video tersebut, terlihat bahwa megabintang Juventus dan Tim Nasional (Timnas) Portugal itu sedang membaca Alquran di dalam masjid.

“Ronaldo mengunjungi masjid untuk membaca Quran, masya Allah,” tulis akun Saman Salah.

Video tersebut pun sudah diputar 1,1 juta kali, disukai 20 ribu kali dan dipadati hingga 3.100 komentar. Banyaknya orang yang melihat video itu menunjukkan bahwa mereka sangat tercengang melihat Cristiano Ronaldo yang beragama nonmuslim, tapi membaca Alquran di sebuah masjid.

Namun, laman fullfact coba mengungkap sosok yang ada di dalam video tersebut. Ternyata, sosok yang membaca Alquran itu bukanlah Cristiano Ronaldo, melainkan seorang pria asal Irak Bernama Biwar Abdullah.

“Ini bukan video Cristiano Ronaldo seperti yang diyakini sebagian orang. Itu terlihat dari bacaan akun TikTok seorang professional yang mirip Cristiano Ronaldo bernama Biwar Abdullah. Nama masjid pun terlihat di belakang, yakni Al-Judi yang ada di Birminghan,” tulis laman tersebut.

Sekadar informasi, sejak 2019 nama Biwar Abdullah sempat trending karena mempunyai wajah yang tak jauh berbeda dengan Cristiano Ronaldo. Terlebih Ketika Biwar Abdullah mengenakan seragam Juventus, sulit memastikan mana Cristiano Ronaldo yang asli dan mana yang palsu.

 

Referensi:

https://bola.okezone.com/read/2021/06/23/51/2429528/cristiano-ronaldo-pernah-baca-alquran-di-masjid-birmingham-ini-fakta-sebenarnya

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim pemain sepak bola Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran ternyata tidak benar. Faktanya, sosok pria yang ada dalam video tersebut bukan Cristiano Ronaldo, melainkan Biwar Abdullah.

Pria asal Irak itu sempat menjadi perbincangan karena mempunyai wajah yang tak jauh berbeda dengan Cristiano Ronaldo.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: