Sukses

Vaksinasi Covid-19 Sangat Penting untuk Penanganan Pandemi

Percepatan vaksinasi Covid-19 sangat penting dilakukan untuk menangani pandemi yang ada di Indonesia saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Percepatan vaksinasi covid-19 sangat penting dilakukan untuk menangani pandemi yang ada di Indonesia saat ini. Itu sebabnya masyarakat diminta untuk tidak menunda jika memang ada kesempatan mendapatkan vaksin covid-19.

Hal ini disampaikan oleh dr. Lia G. Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS yang juga Sekjen Perhimpunan RS se-Indonesia. Dia menjelaskan vaksin merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk penanganan pandemi.

"Vaksinasi covid-19 sangat penting untuk disukseskan. Bila dikombinasikan dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin maka pandemi akan segera berakhir," ujar dr. Lia dalam Virtual Class "Ledakan Kasus Covid-19, Vaksin Kunci Akhiri Pandemi" yang digelar Liputan6.com, Jumat (25/6/2021).

"Selain itu vaksin juga upaya agar kita tidak mengalami kondisi yang fatal saat terpapar Covid-19. Memang benar sekitar 80 persen orang yang terkena Covid-19 akan sembuh, tapi ada 20 persen yang bergejala dan lima persen di antaranya meninggal dunia. Vaksin ini mengurangi risiko tersebut," katanya menambahkan.

Meski demikian dr. Lia menjelaskan orang yang sudah divaksin tidak serta-merta langsung bisa mengabaikan protokol kesehatan.

"Setelah divaksin bukan berarti kita kebal tapi diharapkan jika terpapar maka gejalanya tidak berat. Kita juga harus terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi kita tahu orang yang sudah terkena Covid-19 bisa terkena lagi," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.