Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Mi Instan Sarimi Rasa Bipang

Beredar kabar ada mi instan Sarimi rasa bipang. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang mi instan Sarimi rasa bipang beredar di media sosial. Kabar tersebut beredar lewat sebuah foto yang diunggah akun Facaebook Alessandro Hutapea pada 25 Mei 2021.

Akun Facebook Alessandro Hutapea mengunggah foto kemasan mi instan Sarimi bertuliskan "RASA BIPANG". Akun Facebook Alessandro Hutapea kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Media kekinian Merekah tanpa batas, bahkan tak ada yang berani memprotes jika media memutarbalikkan fakta, Media membuat muslihat tipu daya, yang buruk menjadi mulia, dan yang mulia menjadi buruk rupa. Luar biasa kuatnya opini yang dibentuk media sehingga dapat mempengaruhi perekonomian, perpolitikan, sosial, budaya sebuah bangsa...

~Mystic" tulis akun Facebook Alessandro Hutapea.

Konten yang diunggah akun Facebook Alessandro Hutapea telah 22 kali direspons dan mendapat 33 komentar warganet.

Benarkah kabar tentang mi instan Sarimi rasa Bipang? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang mi instan Sarimi rasa bipang. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi situs Sarimi di situs indofood.com.

Hasilnya dalam situs tersebut tidak ada mi instan Sarimi rasa bipang. Dalam situs indofood.com Sarimi memiliki 14 rasa. Di antaranya rasa sate ayam, pecel, ayam bawang, soto koya, hingga extra spicy.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Foto Mi Instan Sarimi dari Situs indofood.com

 

 

Referensi:

https://www.indofood.com/product/sarimi

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang mi instan Sarimi rasa bipang ternyata tidak benar. Faktanya, Sarimi tidak pernah mengeluarkan varian mi instan rasa bipang. Foto yang disebarkan akun Facebook Alessandro Hutapea diduga merupakan hasil rekayasa digital atau editan.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.