Sukses

Ragam Hoaks yang Catut Nama Bank Indonesia: Undian Berhadiah Hingga Uang Nominal Baru

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia menjadi salah satu lembaga yang kerap dicatut namanya oleh para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Terbaru, hoaks yang menyangkut Bank Indonesia adalah terkait uang dengan nominal baru.

1. Cek Fakta: Tidak Benar Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Nominal 1.0

Beredar di media sosial postingan video terkait klaim uang baru dari Bank Indonesia dengan nominal 1.0. Video itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Video viral itu pertamakali diunggah di Tiktok kemudian banyak dibagikan di media sosial lain. Salah satunya adalah akun bernama @3menitvideo.

Akun tersebut mengunggahnya di Facebook pada 9 Mei 2021. Di dalam video berdurasi 14 detik itu terdapat narasi "ngasih THR pakai uang pecahan ini lucu kali ya? Hayoo udh ada yang punya belom?"

Lalu benarkah Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0? Simak dalam artikel berikut ini...

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Bank Indonesia Transfer Dana ke Rekening Pemenang Hadiah

Beredar pesan elektronik yang menyebut Bank Indonesia mentransfer sejumlah uang sebagai hadiah melalui rekening pribadi. Dalam pesan tersebut, penerima email mendapat hadiah ratusan juta Rupiah.

Dalam tangkapan layar di email tersebut, ada logo yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Kemudian, penerima pesan disebut memenangkan uang sebesar Rp 282 juta.

Pesan itu menyebutkan uang transfer tersebut merupakan ketentuan dari Bank Indonesia dan OJK. Bahkan, pesan itu disertai ancaman proses pencairan dana tidak jadi jika syarat tidak dipenuhi.

Lalu, benarkah Bank Indonesia membagikan hadiah sejumlah uang ratusan juta dan ditransfer langsung ke rekening pemenang? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Hoaks Undian Berhadiah Uang hingga Mobil dari Bank Indonesia

Beredar sebuah pesan undian berhadiah melalui SMS hingga WhatsApp mengatasnamakan Bank Indonesia. Disebutkan kalau penerima pesan ini memenangkan hadiah uang tunai hingga mobil.

Berikut ini pesan yang mengatasnamakan Bank Indonesia:

"YTH nasabah BANK INDONESIA

Anda resmi terpilih pemenang ke(2) dengan PIN Pemenang:02579120 dari BANK INDONESIAINFO lengkap klik www.program-bi.online".

Di pesan lainnya, ada yang menyebutkan hadiah dalam bentuk mobil. Pesan itu juga menyisipkan sebuah link untuk diklik.

Lalu, benarkah pesan yang mengklaim undian berhadiah dari Bank Indonesia? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini