Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Persiapan Penutupan Jalan pada 6 Mei 2021

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim sebagai persiapan penutupan jalan pada 6 Mei 2021 beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Omi pada 3 Mei 2021.

Dalam foto yang diunggah akun Facebook Omi, sebuah jalanan diblokade dengan seng. Terlihat juga sejumlah orang dan petugas kepolisian di dekat blokade seng.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan penutupan jalan pada 6 Mei 2021 akibat pelarangan mudik Idulfitri.

"Persiapan penutupan jalan TANGGAL 6 Mei 2021

#dilarangmudik

#kotapalu," tulis akun Facebook Omi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Omi telah 1.400 kali dibagikan dan mendapat 16 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut merupakan persiapan penutupan jalan pada 6 Mei 2021? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai persiapan penutupan jalan pada 6 Mei 2021. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Foto Viral Blokir Jalan Kerinci-Merangin di Facebook Hoax, Ini Penjelasan Camat dan Kapolres" yang dimuat situs metrojambi.com pada 1 Mei 2020.

Berdasarkan penelusuran, foto yang diunggah akun Facebook Omi tidak terkait pelarangan mudik Idulfitri 2021.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs metrojambi.com

KERINCI - Masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dihebohkan dengan adanya beredar foto di media sosial (Medsos) di Facebook adanya warga menutup ruas jalan raya di Bedeng 12, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci mengunakan seng.

Dalam postingan terlihat sejumlah warga yang dikawal oleh pihak kepolisian mengawasi ruas jalan yang ditutup mengunakan seng.

"Akses jalan Kerinci - Merangin telah diblokir di Bedeng 12, Semoga Virus Covid-19 cepat berlalu".

Terkait hal tersebut, Camat Batang Merangin, Heri Cipta dikonfirmasi metrojambi.com membantah adanya pemblokiran ruas jalan Kerinci-Merangin di Bedeng 12, Kecamatan Batang Merangin.

"Tidak ada, itu hoax," kata Camat Batang Merangin, Heri Cipta, Jumat malam (1/5/2020).

Ia mengatakan sampai saat ini lalulintas di Bedeng 12 masih lancar seperti biasanya.

"Kalau dilihat foto bukan di Kerinci, daerah lain mungkin," ungkapnya.

Dia minta kepada masyarakat untuk tidak masyarakat untuk tidak ikut memposting informasi tersebut sebelum mengetahui kebenarannya.

"Banyak yang ikut mengshare di Facebook," pungkasnya.

Kapolres Kerinci, AKBP Heru Ekwanto, dikonfirmasi menegaskan bahwa foto pemblokiran jalan Bedeng 12 tersebut Hoax.

"Itu hoax, sudah dilakukan pengecekan, bahwa jalur Kerinci arah Bangko dan sebaliknya, sampai saat ini tidak ada penutupan akses, masih lancar seperti biasa," ungkap Kapolres.

Dikatakannya bahwa, yang dijaga ketat hanya jalan lintas di batas Solok Selatan dan Tapan Pesisir Selatan. "Masyarakat diminta harus cerdas dalam sikapi berita, dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Referensi:

https://metrojambi.com/read/2020/05/01/53206/foto-viral-blokir-jalan-kerincimerangin-di-facebook-hoax-ini-penjelasan-camat-dan-kapolres

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai persiapan penutupan jalan pada 6 Mei 2021 ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut tidak terkait pelarangan Idulfitri 2021. Foto yang diunggah akun Facebook Omi pernah viral pada 2020 lalu dan diklaim sebagai penutupan jalan di beberapa lokasi. Namun klaim tersebut ternyata palsu.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: