Sukses

Video Hoaks Sepekan: Pintu Tol Pejagan Ditutup hingga Siaran Berita Larangan Mudik Dicabut

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Satu di antaranya kabar pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup karena larangan mudik. Video tersebut disebarkan akun TikTok mak.ranti pada 1 Mei 2021.

Dalam video 24 detik itu, tampak pintu masuk Tol Pejagan ditutup dengan menggunakan barier. Terdapat juga beberapa petugas yang mengarahkan kendaraan untuk tidak masuk ke pintu tol tersebut.

Akun TikTok mak.ranti kemudian mengaitkan video tersebut dengan larangan mudik yang diterapkan pemerintah.

"Ga usah mudik gaes, kita ke ragunan aja yang ga ditutup," tulis akun TikTok mak.ranti.

Video yang disebarkan akun TikTok mak.ranti telah 702 ribu kali ditonton dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Namun setelah ditelusuri, video yang diklaim pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup karena larangan mudik ternyata tidak benar.

Faktanya, video yang disebarkan akun TikTok mak.ranti merupakan video lama. Peristiwa penutupan pintu tol dalam video tersebut terjadi pada 2020 lalu.

Selain kabar pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup karena larangan mudik, terdapat video hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

2 dari 5 halaman

Jokowi Menari Lagu Enggak Mau Ganti Presiden

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden Joko Widodo (Jokowi) menari lagu nggak mau ganti presiden. Video tersebut diunggah Muhammad Qadar, pada 28 April 2021.

Unggahan klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden menampilkan sejumlah orang sedang melakukan gerakan tarian, salah satunya sosok yang mirip dengan Jokowi, diiringi dengan lagu dengan lirik sebagai berikut:

Kami nggak mau ganti, nggak mau ganti presiden. Kami mau dia lagi, mau dia lagi jadi presiden"

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan "Viral lagu gak mau ganti Presiden".

Setelah ditelusuri, klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden tidak benar. Tarian Jokowi dalam video sebenarnya diiringi musik Seka Kaimana.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 5 halaman

Video Siaran Berita Larangan Mudik Dicabut

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim siaran beritar larangan mudik dicabut, klaim tersebut diunggah akun Facebook Yahdi Mahyassa pada 28 April 2021.

Klaim siaran beritar larangan mudik dicabutberupa video seorang pembawa berita perempuan menggunakan bahasan asing, pada bagian bawah penyiar perempuan tersebut terdapat tulisan "AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Akhirnya larangan mudik dicabut..😇😇"

Setelah ditelusuri, klaim siaran berita larangan mudik dicabut tidak benar. Video tersebut beredar sebelum pemerintah menetapkan larangan mudik.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: